Home / Berita / Semua Caleg Siap Menang dan Siap Kalah

Semua Caleg Siap Menang dan Siap Kalah

PEMBACAAN IKRAR KAMPANYE DAMAIJEPARA – Sebanyak 478 calon DPRD Kabupaten Jepara turut menyaksikan ikrar damai untuk pemilu 2014 yang dibacakan dan ditandatangani masing-masing pimpinan partai politik Sabtu (15/3/2014) di Pendapa Kabupaten Jepara. Pembacaan ikrar damai itu juga bagian dari rangkaian kirab kampanye damai menjelang dibukanya tahapan kampanye rapat terbuka mulai 16 Maret hingga 5 April 2014.

Dalam irar tersebut, semua peserta pemilu berjanji nakan menaati semua tahapan pemilu 2014, menyampaikan informasi secara benar dan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, serta saling menghormati antar sesame peserta maupun calon dalam pemilu.

Para pimpinan partai politik itu juga berikrar akan tunduk dan patuh terhadap segala ketentuan kampanye, menjunjung tinggi sportivitas dalam seluruh pelaksanaan tahapan pemilu 2014 dengan siap menerima kemenangan dan kekalahan.

Dalam hal terdapat persoalan pada tahapan pemilu, para pimpinan partai politik berikrar akan menyelesaikan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mereka juga berjanji akan mempertahankan dan menjaga kondusivitas Kabupaten Jepara dari segala akibat yang timbul dari pelaksanaan kampanye dan penetapan hasil pemilu 2014.

Ikrar tersebut ditandatangani masing-masing pimpinan partai politik peserta pemilu di Kabupaten Jepara dan disaksikan oleh para pejabat Forkopinda, Ketua KPU dan Ketua Panwaslu Jepara. Dengan pembacaan dan penandatanganan ikarar damai untuk pemilu 2014 tersebut, diharapkan semua peserta pemilu termasuk semua calon dan tim suksesnya akan mematuhi semua aturan dalam pemilu 2014.

Selain pembacaan dan penandatanganan ikrar damai itu, para caleg juga mendapat “wejangan” dari Bupati Ahmad Marzuqi, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf DK Subandi dan Kapolres Jepara AKBP M Taslim Chaeruddin. Dalam Sambutannya, Marzuqi menyampaikan bahwa di antara 478 calon, yang akan jadi anggota DPRD Jepara hanya 50 orang. Oleh sebab itu, 428 lainnya harus siap kalah. Jangan ada yang sampai tidak siap kalah bahkan berdampak buruk sampai dirawat di Bangsal  Seruni RSUD Kartini.

Sementara Dandim berpesan agar dalam hal semua peserta pemilu turut menyukseskan pemilu dan menjaga ketertiban, keamanan dan kondusivitas. “Mewujudkan situasi kondusif ini bukan instan, tapi butuh proses panjang. Maka situasi yang sudah kondusif jangan dirusak,” paparnya.

Kapolres AKBP M Taslim Chaeruddin banyak memberikan imbauan. Di antaranya para calon anggota DPRD ini diminta untuk tidak luopa dengan cita-cita mulianya jika menjadi wakil rakyat. Politik menurutnya adalah jalan untuk menyejahteraka rakyat. Oleh karenanya jika sudah mendapat kekuasaan lewat jalur politik, harus berjuang untuk rakyat, bukan untuk diri sendiri.

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menyampaikan bahwa ikrar dan kirab kampanye damai ini menjadi bagian penting menjelang dimulainya kampanye rapat umum (terbuka). Diharapkan, semangat ikrar damai ini akan terus dipegang teguh sampai kapanpun.

Sementara itu, dalam kirab kampanye damai rombongan kirab dibagi dalam dua rute. Rute pertama melewati jalur utara yang terdiri dari dapil 1, 2 dan tiga. Sedangkan rute dua melewati jaur selatan melintasi desa-desa di Dapil 1, 5, dan 4. (**)

Bupati Didampingi Pejabat Forkopinda mengibarkan bendera start untuk memberangkatkan peserta kirabPENGIBARAN BENDERA START KIRAB OLEH BUPATI

KETUA KPU TANDATANGAN IKRAR KAMPANYE DAMAI