Home / Berita / SOSIALISASI DI PARANG, SAAT PULANG HARUS MENERJANG GELOMBANG

SOSIALISASI DI PARANG, SAAT PULANG HARUS MENERJANG GELOMBANG

 Sabtu, 11 Mei 2013, pukul 11.00 WIB, KPU Kabupaten Jepara berlayar menuju ke Wilayah Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Semua desa di Karimunjawa, yaitu Karimunjawa, Kemojan, Parang dan Nyamuk di sambangi oleh KPU Jepara yang diwakili oleh Muhammad Haidar Fitri, Anik Sholikhatun dan Ahmad Mustofa. Selama dua hari di Karimunjawa, KPU Jepara melaksanakan sosialisasi di empat desa tersebut. Hari Sabtu mulai pukul 16.00 – 17.30 KPU Jepara melaksanakan sosialisasi di Desa Karimunjawa dan pukul 20.00 – 22.00 di Desa Kemujan.
Dalam forum KPU Jepara, mengajak jajaran PPK, PPS dan 50 orang audiens yang terdiri dari tokoh masyarakat, agama dan pemuda di masing-masing desa untuk semakin mengintensifkan sosialisasi PIlgub Jateng, khususnya tentang arti pentingnya Pilgub, 3 Pasangan Calon yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah, Tata cara pemberian suara pada tanggal 26 Mei 2013.
Hal lain yang juga disampaikan kepada masyarakat adalah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor, 85/PUU-X/2012 tentang penggunaan hak suaranya pemilih yang belum terdaftar dalam DPT Pilgub Jateng 2013.
Menurut Haidar putusan MK tersebut telah memberi kesempatan penduduk yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih tetapi belum terdaftar dengan cara ; membawa KTP dan Kartu Keluarga ke TPS yang diperuntukkan bagi warga RT/RW yang sesuai dengan yang tertera di KTP/KK untuk ditunjukkan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).
Kedatangan pemilih yang semacam ini maksimal satu jam sebelum pukul 13.00 WIB.
Putusan MK tersebut sangat penting disampaikan kepada penyelenggara di PPS dan TPS serta masyarakat luas supaya besok kalau ada kejadian pemilih yang belum terdaftar tidak menimbulkan problem di lapangan, jelas Haidar kepada Tim Peliput dari PPID KPU Kabupaten Jepara. Tanggal 12 Mei (hari berikutnya) KPU Jepara kembali berlayar menuju ke Pulau Parang dan Nyamuk, perjalanan ke Pulau Parang dari Karimunjawa ditempuh selama 2,5 jam dengan perahu kecil.
Pada saat dialog di Parang yang dipandu oleh Anik Sholikhatun, mayoritas yang hadir sudah mengetahui siapa-siapa saja yang menjadi pasangan calon (paslon) dan hari H dalam Pilgub Jateng 2013.
Pukul 13.00 WIB rombongan KPU Jepara kembali berlayar ke Pulau Nyamuk dengan kondisi laut yang bergelombang. Kondisi Pulau Nyamuk juga sama dengan desa-desa sebelumnya, di mana poster visi, misi dan program-program paslonyang dicetak oleh KPU Provinsi untuk mengenalkan paslon juga sudah ditempelkan oleh PPS di tempat-tempat strategis biar mudah dilihat oleh masyarakat.
Pulang dari Nyamuk rombongan KPU Jepara yang didampingi oleh PPK Karimunjawa harus berayun-ayun menerjang gelombang selama 3 (tiga) jam untuk kembali ke Karimunjawa.
Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya rombongan sosialisasi dari KPU Jepara dan PPK Karimunjawa bisa selamat sampai di Karimunjawa.
Semoga kesuksesan pelaksanaan sosialisasi ini juga membawa berkah tersendiri terhadap partisipasi masyarakat pada hari H, terang Haidar. Harapan sukses Pilgub Jateng 2013 di Karimunjawa juga tersirat dari kesiapan seluruh jajaran penyelenggara dan Muspika serta pemerintahan Desa di Karimunjawa, melalui Camat Karimunjawa Bapak Nuryanto, Muspika Karimunjawa menargetkan angka minimal partisipasi masyarakat adalah 80 % dari jumlah pemilih dalam DPT (6.375).(HF)