http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / Sosialisasi Pemilu di Masyarakat Bawah Kian Digencarkan

Sosialisasi Pemilu di Masyarakat Bawah Kian Digencarkan

Kpujepara.go.id – Pemungutan suara pemilu 2019 akan berlangsung pada 17 April mendatang. Waktu kurang dari dua bulan ini dimanfaatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menggencarkan sosialisasi. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara 9PPS) di desa/kelurahan, serta relawan demokrasi yang menjadi mitra KPU terjun ke basis masyarakat di desa-desa dan kelurahan.

“Kami menyadari ini pemilu serentak. Ada lima surat suara yang akan dicoblos. Masyarakat butuh informasi ini, terutama dalam hal-hal teknis tata cara pencoblosan agar pilihannya sah. Di luar ini masih ada banyak hal yang juga perlu diketahui masyarakat, misalnya seputar peserta pemilu, data pemilih, dan informasi lain kepemiluan. Waktunya makin dekat dan kami harus lebih turun ke bawah,” kata komisioner KPU Jepara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia Muhammadun, Rabu (27/2).

Ia menjelaskan, informasi kepemiluan untuk masyarakat di desa-desa atau wilayah-wilayah pelosok mendapatkan perhatian tersendiri dari KPU. “Kami harus menjemput masyarakat dengan informasi yang dibutuhkan terkait pemilu. Sebab kondisi masyarakat berbeda-beda. Sebagian mungkin akses informasinya soal pemilu kurang. Ini yang kami prioritaskan. Kami juga melayani permohonan-permohonan masyarakat dalam perkumpulan di kampung-kampung yang butuh informasi pemilu. KPU, PPK, dan PPS adalah tim yang hari-hari ini akan terus turun bersosialisasi,” lanjut dia.

20190227_175754
kegiatan sosialisasi pemilu 2019 dalam acara RT di Kelurahan Bulu Kecamatan Jepara

Kemisan Hadi Mulyanto, ketua PPK Jepara mengatakan, berbekal alat peraga seperti specimen surat suara dan lain-lain, para PPS di Kawasan kota dalam beberapa hari ini terus terjun ke masyarakat dengan masuk ke berbagai forum. Ada yang di perkumpulan pengajian, pertemuan RT, dan lain-lain.

20190227_180012
kegiatan sosialisasi pemilu 2019 di Mapolsek Kalinyamatan yang diikuti warga desa dan para santri.

Anggota PPK Kalinyamatan Muhadz Ali Jidzar mengatakan, sosialisasi di kecamatan melibatkan berbagai kelompok. Misalnya yang dilakukan di Mapolsek Kalinyamatan, dikemas dalam diskusi dan sarasehan Majelis Dzikir dan Shalawat Padang Bulan. Acara sosialisasi ini diikuti masyarakat umum, dan para santri.

20190227_175909kegiatan sosialisasi pemilu 2019 dalam acara pengajian ibu-ibu di Desa Kuwasen Kecamatan Jepara.

M Abdu Ni’am dari PPK Pakis Aji mengungkapkan, di wilayahnya, PPS juga rajin sosialisasi ke desa. Misalnya PPS Desa Mambak, sosialisasi di pertemuan-pertemuan RT. Ketua PPK Mlonggo Haris Budiawan mengatakan, setelah PPS menerima alat peraga dari KPU, mereka langsung bergerak di desa masing-masing dan mensosialisasikan informasi-informasi pemilu, baik yang sifatnya teknis maupun nonteknis.

KPU juga mengoptimalkan peran para relawan demokrasi dari 11 basis masyarakat, baik kalangan perempuan, lintas agama, warganet, nelayan, buruh, pemilih pemula, pemilih muda, juga basis keluarga melalui banyak pertemuan PKK. Di basis perempuan misalnya, KPU bekerja sama dengan organisasi perempuan seperti Fatayat NU dan Nasyiatul Aisyiyah di Muhammadiyah. Baru-baru ini di keeling dan Donorojo, Fatayat menggelar pertemuan yang diikuti 2.000 orang. Nanik, ketua Fatayat NU Cabang Jepara yang juga relawan demokrasi mengatakan, pihaknya sudah mensosialisasikan pemilu ke desa-desa di 16 anak cabang. “Banyak permintaan sosialisasi dari masyarakat,” kata dia, Rabu (27/2). Untuk Nasyiatul Aisiyah misalnya sudah mengagendakan pada 24 Maret mendatang di Desa Bucu Kecamatan Kembang. (muh/kpujepara).

20190227_180055
kegiatan sosialisasi pemilu 2019 dalam acara RT di Desa Mambak Kecamatan Pakis Aji