Home / Berita / Sosialisasi Pemilu Serentak di 16 Kecamatan

Sosialisasi Pemilu Serentak di 16 Kecamatan

20190317_174927

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara mensosialisasikan pemilu 2019 di tempat-tempat keramaian di 16 kecamatan di Kabupaten Jepara. Sosialisasi tersebut dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan melibatkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan melibatkan sekretariat.

Komisioner KPU Jepara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia Muhammadun, Minggu (17/3) mengatakan, program sosialisasi turun ke tempat-tempat keramaian dirancang KPU bisa dilakukan oleh tiap-tiap PPK agar persebarannya lebih luas. “Ini dilakukan teman-teman PPK bersama PPS di tiap wilayahnya. Sehingga titik jangkau masyarakat lebih luas. Ada yang di pasar, di terminal, di alun-alun-alun, dan titik-titik keramaian lain,” kata Muhammadun.

20190317_174828

Ia menjelaskan, pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang tinggal sebulan lagi. Sosialisasi ke masyarakat lebih ditingkatkan dengan menggerakkan semua komponen. “Sebenarnya di luar yang sosialisasi serentak ini, ada banyak kegiatan sosialisasi, baik yang melalui permohonan masyarakat, yang sudah direncanakan KPU, maupun yang dilakukan PPS di tiap desa dan dalam lingkup yang lebih menyebar lagi yaitu di RT-RT,” ungkap Muhammadun.

20190317_174717

Kegiatan sosialisasi ini juga menjadi ajang konsolidasi penyelenggara pemilu. PPK Kedung misalnya, sebelum blusukan ke Pasar Bugel yang Minggu (17/3) pagi sangat ramai, terlebih dahulu menggelar apel siaga yang diikuti seluruh anggota PPS dari 18 desa, termasuk sekretariatnya, serta seluruh anggota PPK bersama sekretariat. Apel tersebut dihadiri Muhammadun dari KPU. “Ini apel yang sangat strategis. Kita merapatkan barisan, menguatkan komitmen kesiapan menyelenggarakan semua tahapan. Saya mengingatkan seluruh PPS, patuh dan konsisten dengan berpegang pada regulasi dalam penyelenggaraan pemilu.

20190317_173803

Ketua PPK Karimunjawa Moh Sofi’i menyatakan mensosialisasikan pemilu ke kelompok ibu-ibu pengumpul daun pisang di Dukuh Cik Mas Desa Karimunjawa. Suhani, salah satu ibu dari RT 3 RW 5 Desa Karimunjawa menanyakan lima jenis surat suara pada pemilu 2019. Suhani mengungkapkan butuh pemahaman yang baik untuk mencoblos dengan sah dan tepat pilihan, terutama untuk pemilih sepuh seperti dia.

20190317_173918

Anggota PPK Donorojo Zaenal Abidin mengatakan, sosialisasi dilakukan di Pasar Tanggulasi dengan cara mendatangi para pedagang di los-los pasar setempat. Ketua PPK Jepara Kemisan Hadi Mulyanto mengatakan, sosialisasi di Kawasan kota dilakukan di acara car free day di alun-alun, alun, di sepanjang jalan kota, serta di Pasar Jepara II yang padat penjual dan pembeli. (muh/kpujepara)