Home / Berita / Sosialisasi Pilgub Jateng Lewat Wayang Kampung Sebelah

Sosialisasi Pilgub Jateng Lewat Wayang Kampung Sebelah



Masih dalam rangkaian agenda sosialisasi Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2013, KPU Kabupaten Jepara mengajak masyarakat Jepara menyaksikan pertunjukan wayang (2/3). Digelar di halaman Shopping Center Jepara, pementasan wayang Kampung Sebelah dari Solo ini cukup menarik perhatian masyarakat.

“Acara ini adalah bagian dari ikhtiar KPU Jepara untuk mensukseskan Pilgub Jawa Tengah. Semoga ini bisa mendorong semangat baru, sehingga tidak hanya partisipasi masyarakat yang meningkat, tapi juga kualitas pelaksanaan Pilgubnya,” ungkap Muslim Aisha, Ketua KPU Kabupaten Jepara.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Assisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Jepara, Ahmad Junaedi. Ia mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh KPU Kabupaten Jepara dalam melaksanakan sosialisasi. “Harapannya, informasi yang telah didapatkan para pengunjung pada acara ini dapat disebarluaskan kepada lingkungan sekitarnya,” ujarnya. Mewakili Bupati Jepara, Ahmad Junaedi juga berharap agar pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dan dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

Mengangkat cerita dengan judul “Atas Beringas, Bawah Mengganas”, dalang Ki Jelitheng Suparman cukup menghibur masyarakat yang menyaksikan pertunjukan itu. Ia mengisahkan tentang sebuah desa dimana warganya bergotong royong membangun sebuah balai desa. Namun pada suatu ketika, masyarakat merasa dikecewakan dengan perilaku aparat desa yang tidak melayani kebutuhan warganya dengan baik, lupa dengan janjinya untuk mensejahterakan dan memakmurkan rakyatnya, serta selalu berfoya-foya. Warga pun marah dan akhirnya merobohkan balai desa yang telah mereka bangun.

Dibalik penyampaiannya yang lucu, penuh satir, dan selalu mengundang gelak tawa penonton, pesan yang ingin disampaikan adalah pentingnya peran masyarakat dalam Pemilu untuk menggunakan hak pilihnya dalam memilih pemimpin yang tepat, karena hal itu juga berpengaruh pada masa depan masyarakat.(DS/MA)