Home / Berita / Sosialisasi Pilgub, KPU Jepara Kunjungi Warga Dukuh Terpencil

Sosialisasi Pilgub, KPU Jepara Kunjungi Warga Dukuh Terpencil

Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri memberikan sosialisasi Pilgub Jateng 2018 kepada warga di dukuh terpencil sambil membagikan bahan-bahan sosialisasi.
Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri memberikan sosialisasi Pilgub Jateng 2018 kepada warga di Dukuh Njabung Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji yang merupakan dukuh terpencil sambil membagikan bahan-bahan sosialisasi.

 

TANJUNG, kpujepara.go.id – Warga di daerah terpencil seringkali luput dari perhatian dan minim menerima informasi. Oleh karena itu, dalam rangka menyebarluaskan informasi penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah Tahun 2018, Minggu (1/4/2018), KPU Jepara berkunjung ke pedukuhan terpencil di lereng Gunung Muria untuk memberikan sosialisasi kepada warga.

Dukuh Ngerbu, Njabung dan Nggronggong yang masih berada di wilayah Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji menjadi sasaran sosialisasi dari KPU Jepara. Tim sosialisasi dari KPU Jepara yang dipimpin Divisi SDM dan Partisiapasi Masyarakat Subchan Zuhri, dan juga diikuti selurunh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Tanjung dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pakis Aji mengunjungi warga dari rumah ke rumah untuk memberikan sosialisasi Pilgub Jateng 2018.

Selain memberikan sosialisasi secara langsung kepada warga, KPU Jepara juga membagikan bahan sosialisasi berupa kalender, striker dan payung. Bahan-bahan sosialisasi itu berisi informasi tentang tahapan Pilgub 2018 dan informasi terkait pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Kami pilih Dukuh Ngerbu, Njabung dan Nggronggong ini karena dukuh ini jauh dari akses informasi dan termasukd daerah terpencil. Warga di dukuh ini memang jarang mendapatkan informasi yang lengkap seperti di daerah perkotaan. Sinyal telpon selular saja tidak ada di sini,” kata Subchan Zuhri di sela menyambangi warga.

Sejumlah warga di Dukuh Ngerbu dan Njabung mengaku senang dapat informasi Pilgub Jateng dari KPU Jepara secara langsung. Apalagi ada bingkisan bahan sosialisasi yang bisa dibagikan ke warga. “Kami senang bisa mendapat informasi. Sebelumnya saya memang tidak pernah ikut acara-acara sosialisasi di balai desa karena jauh,” Kata Sukati salah satu warga RT 31/RW 05 Dukuh Ngerbu.

Di Dukuh Ngerbu dan Dukuh Njabung hanya ada satu TPS yakni TPS 15 Desa Tanjung dengan pemilih sekitar 300 orang. Dua dukuh itu terpisah oleh perbukitan dengan jalan yang masih bebatuan, meski sebagian kanan kirinya sudah dicor.

Meski kondisi geografis jarak antar rumah berjauhan dan jarak TPS juga jauh, namun warga diharapkan tetap dapat menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni mendatang. Kepada warga, Subchan juga berpesan agar saat dating ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) warga wajib membawa KTP elektronik atau Surat Keterangan dari Disdukcapil. Selain itu, wagar juga diminta bersama-sama memerangi politik uang. Warga diimbau menggunakan hak pilih sebaik-baiknya tanpa terpengaruh pada pemberian sesuatu materi dari pasangan calon manapun.

Subchan menambahkan, KPU Jepara masih mengagendakan untuk berkunjung ke daerah-daerah terpencil lain dalam rangka menyampaikan sosialisasi Pilgub Jateng 2018 kepada warga masyarakat secara langsung. “Kami masih ada rencana untuk berkunjung ke daerah terpenciil lain. Di Jepara ini masih ada derah yang minim akses informasi dan harus kami datangi langsung,” pungkasnya. (Hupmas KPU Jepara)

img_7615img_7612