http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / Surat Suara Besar Menarik Perhatian

Surat Suara Besar Menarik Perhatian


whatsapp-image-2018-12-20-at-15-50-15

KPU Jepara – Spesimen surat suara Pemilu 2019 yang besar menarik perhatian jamaah pengajian. Spesimen itu diperlihatkan Ris Andy Kusuma, komisioner KPU Kabupaten Jepara saat sosialisasi berbasis keluarga di RT 2 RW 4 Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, Jepara, Kamis (20/12).

Ris Andy Kusuma memaparkan, di Pemilu 2019 mendatang pemilih yang telah terdaftar sesuai TPS akan mendapatkan lima surat suara. Yakni, surat suara untuk memilih calon presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Sebelum itu, tolong cek dulu. Namanya sudah terdaftar sebagai pemilih belum. Kalau belum bisa melaporkan ke PPS setempat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden berukuran 18 x 28 cm. Surat suara itu ada gambar pasangan calon presiden dan wakil presiden. Ada juga gambar partai politik pengusung.

Untuk DPD, imbuh komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, di surat suara juga akan ada gambar dan namanya. Calon anggota DPD di Jawa Tengah ada 20 orang.

Sedangkan, untuk surat suara anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota paling besar. Ukurannya 51 x 82 cm.

Ukuran surat suara ini akan memudahkan pemilih dalam menentukan pilihannya. Sebab, ada jarak antara gambar partai politik dan nama calon legislatif. Sehingga dapat menghindari kesalahan dalam mencoblos.

“Untuk menentukan pilihan jangan berdasarkan siapa yang memberi uang. Kalau ada yang memberi ditolak saja. Pilih pemimpin yang sesuai dengan kemantapan hati,” tegasnya. (kpu jepara)

whatsapp-image-2018-12-20-at-15-50-14