Home / Berita / Surat Suara Pemilu 2014 Tiba di KPU Jepara

Surat Suara Pemilu 2014 Tiba di KPU Jepara

cek surat suaraJEPARA – Setelah ditunggu beberapa hari, surat suara untuk kebutuhan Pemilu DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten 2014 akhirnya sampai di KPU Jepara. Surat suara yang dibawa dengan empat mobil kontainer itu tiba di kantor KPU Jalan Yos Sudarso No 22 Jepara Kamis pagi (6/3/2014) pukul 04.00.

Jumlah surat suara yang didistribusikan ke KPU Jepara berjumlah 3.383.492 lembar. Terdiri dari surat suara untuk DPR RI, DPD, DPR Provinsi, DPR Kabupaten. Untuk surat suara DPR, DPD dan DPRD masing-masing berjumlah 845.873 lembar. Sedangkan untuk surat suara DPRD Kabupaten dipecah menjadi lima daerah pemilihan (dapil). Untuk dapil Jepara 1 sejumlah 189.908 lembar. Dapil Jepara 2 sejumlah 172.710 lembar, kemudian Dapil Jepara 3 sejumlah 146. 465 lembar, Dapil Jepara 4 sejumlah 175. 830 lembar, dan Dapil Jepara 5 sejumlah 160.960 lembar. Jumlah surat suara tersebut nantinya akan didistribusikan ke 2.222 TPS di Kabupaten Jepara.

Divisi Perencanaan Keuangan Logostik Koko Suhendro mengatakan, jumlah surat suara tersebut didasarkan atas jumlah DPT ditambah 2% dari DPT. Untuk sementara seluruh surat suara dibongkar di gudang Wonorejo yang memiliki tempat luas.

Untuk pengelolaan selanjutnya, surat suara akan didistribusikan ke dua lokasi berbeda yang dijadikan gudang logistik KPU Jepara yakni gudang di Kantor KPU Jepara dan di Bandengan. “Untuk gudang KPU Jepara dikhususkan untuk kebutuhan surat suara Dapil Jepara 1. Untuk gudang Wonorejo dikhusukan untuk surat suara Dapil Jepara 2 dan 3, sedangkan untuk gudang Bandengan dikhususkan untuk Dapil Jepara 4 dan 5,” terangnya.

Kegiatan pengelolaan logistik yang akan dilakukan selanjutnya adalah sortir dan lipat surat suara. KPU telah mengalokasikan waktu pelaksanaan sortir dan lipat surat suara selama maksimal sepuluh hari. Oleh karena itu dibutuhkan sebanyak 500-an orang tenaga yang dilakukan secara swakelola dari masyarakat sekitar. Kegiatan ini dijadwalkan mulai tanggal 8 Maret 2014 sampai dengan tanggal 18 maret 2014.

KPU Jepara juga telah berkoordinasi dengan Polres Jepara dalam hal keamanan kegiatan pengelolaan logistik ini dari mulai sortir dan lipat suara sampai dengan pelaksanaan distribusi kotak suara. Dalam kegiatan sortir dan lipat surat suara, KPU Jepara akan menerapkan Standart Operasional Prosedur (SOP) terhadap seluruh pekerja yang akan melakukan sortir lipat surat suara sehingga harapannya pelaksanaannya bisa tertib dan tidak terjadi hal-hal yang merugikan terhadap pelaksanaan pemilu.

KPU Jepara telah menjadwalkan proses pengelolaan logistik dari penerimaan surat suara, sortir dan lipat surat suara, pengesetan amplop formulir dan pengepakan perlengkapan di kotak suara berjalan dari 1 Maret-31 Maret 2014. Sehingga proses distribusi dari KPU Jepara ke PPK (30 Maret-5 April), kemudian dari PPK ke PPS (6-8 April) dan PPS  ke TPS (8 April) bisa terlaksana. (**)