Home / Berita / Tahapan Coklit Data Pemilih Akan Segera Dimulai

Tahapan Coklit Data Pemilih Akan Segera Dimulai

Komisioner KPU Jepara Divisi Perencanaan dan Data Anik Sholihatun memaparkan materi Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih
Komisioner KPU Jepara Divisi Perencanaan dan Data Anik Sholihatun memaparkan materi Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih.

PPDP Harus Datangi Rumah Ke Rumah

Jepara – Menyambut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa 2018, KPU Jepara mempersiapkan diri dengan menggelar Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih serta Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Rabu (10/1/18). Bimtek Mutarlih ini digelar guna menyiapkan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang sebentar lahi akan dilakukan.

KPU Jepara mengimbau kepada seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar mampu mempersiapkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan Coklit Data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mulai 20 Januari mendatang.

Bimtek digelar selama sehari itu dihadiri oleh 48 orang yang terdiri dari tiga perwakilan PPK seluruh Kecamatan di Jepara. Komisioner KPU Jepara Divisi Data Perencanaan dan Data Anik Sholihatun, MPd tahapan pemutakhiran data pemilih menjadi tahapan yang sangat krusial, sebab akan menentukan berapa data pemilih tetap di Kabupaten Jepara pada Pilgub jateng 2018 ini. Data pemilih ini akan juga dipakai dalam tahapan selanjutnya.

Pada Bimtek Mutarlih itu ditegaskan bahwa petugas pemutakhiran data pemilih harus dating ke rumah rumah pada saat melakukan coklit data Pemilih. Coklit data pemilih oleh PPDP ini akan dimulai 20 Januari sampai 18 Februari. “PPDP harus cermat dalam mencoklit data pemilih. PPK, PPS harus bias memastikan PPDP bekerja dengan baik sesuai ketentuan,” tegas Anik.

Untuk mengawali tahapan coklit data pemilih ini, KPU telah mencanangkan adanya gerakan coklit serentak yang akan dilakukan pada 20 Januari. Seluruh PPDP wajib mencoklit data penduduk minimal 5 rumah.

Anik menambahkan, kegiatan mencoklit ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan agenda pendataan mutarlih seperti biasanya. Hanya saja tahun ini KPU pusat mencanangkan kegiatan serentak di seluruh wilayah Indonesia untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya transparansi dan kejelasan data pemilih, sehingga iklim adanya pemilu cukup terasa di masyarakat.

Pasca bimtek di tingkat KPU Kabupaten ini, PPK akan segera menindaklanjuti dengan menggelar bimtek di tingkat kecamatan dengan peserta PPK dan diteruskan bimtek kepada PPDP. “Bimtek kepada PPDP serentak akan dilakukan 17 Januari,” tambahnya.

Anik mengungkapkan, kedepan data hasil coklit PPDP akan dikumpulkan PPS dan dipublikasikan ke masyarakat, sehingga masyarakat bisa menanggapi dan menyampaikan pendapatnya mengenai data pemilih tersebut. “KPU berharap bahwa PPDP bekerja sungguh sungguh, sesuai aturan main, agar pemilih dapat komprehensif, akurat, mutakhir,” terangnya.

Komisioner KPU Jepara lainnya, Muntoko menyampaikan secara teknis pemutakhiran data Pemilih mulai kegiatan coklit PPDP, penetapan daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT).

Muntoko menghimbau, seluruh petugas mutarlih untuk bersungguh sungguh dalam pendataan, dan PPDP harus turun langsung ke rumah-rumah untuk mengetahui kondisi calon pemilih tersebut, sehingga pendataan bisa dipertanggungjawabkan. Adapun pendataan adalah berdasarkan KTP elektronik yang dimiliki masyarakat.(f2@/hupmas KPU Jepara)

bimtek-mutarlih-1