Berita

14 KPU Kabupaten/Kota Bahas Anggaran Pilkada

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri dan Komisioner Divisi Rendatin Muntoko, mendengarkan arahan Ketua KPU Provinsi Jateng Yulianto Sudrajat dalam rapat daring membahas persiapan Pilkada 2024 (2/10/2020).

kpujepara.go.id –  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 tidak diikuti oleh semua kabupaten/kota. Di Jawa Tengah hanya ada 21 kabupaten/kota yang tahun ini menyelenggarakan Pilkada. Sisanya, 14 kabupaten/kota lain akan menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2024, sesuai ketentuan Undang-Undang nomor 6 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015.

Namun, meski 14 kabupaten/kota di Jateng tahun ini tidak menyelenggarakan Pilkada, KPU setempat diminta untuk segera mempersiapkan kebutuhan penyelenggarakan Pilkada serentak berikutnya. Hal itu disampaikan ketua KPU Provinsi Jateng Yulianto Sudrajat saat membuka rapat daring Jumat (2/10/2020), yang diikuti 14 KPU kabupaten/kota se Jateng yang tahun ini tidak menyelenggarakan Pilkada.

“Saat ini KPU kabupaten /kota yang tidak menyelenggarakan Pilkada sudah harus mempersiapkan kebutuhan anggaran untuk Pilkada yang akan datang,” ungkapnya. Menurut Yulianto, Pilkada serentak berikutnya sebagaimana dalam ketentuan Undang-Undang tentang Pilkada akan diselengarakan pada 2024. Namun, KPU harus mengantisipasi apabila ada perubahan regulasi yang mana pelaksanaan Pilkada sesuai dengan akhir masa jabatan (AMJ) kepala daerah masing-masing.

Ditambahkan, perubahan regulasai pelaksanaan Pilkada itu juga sudah muncul dalam draf perubahan Undang-Undang Pemilu, dimana Pilkada serentak bisa saja digelar tahun 2022 maupun 2023 sesuai AMJ kepala daerah. “Oleh karena itu mulai sekarang harus diantisipasi agar jika ada perubahan ketentuan regulasi KPU sudah siap,” pesannya.

Senada disampaikan komisioner KPU Jateng divisi Perencanaan dan Logistik, Ikhwanuddin, bahwa saat ini 14 KPU kabupaten/kota diimbau untuk mengintensifkan komunikasi dengan pemerintah daerah masing-masing terkait persiapan anggaran Pilkada. Dia berharap, 14 KPU kabupaten/kota sudah mengajukan rencana anggaran belanja (RAB) Pilkada di kabupaten/kota masing-masing kepada pemerintah daerah dan membahasnya dengan pihak-pihak terkait baik eksekutif maupun legislatif.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri, bersama komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Muntoko, memaparkan kesiapannya dalam menghadapi gelaran Pilkada di Kabupaten Jepara. Menurutnya, KPU Jepara sudah mengajukan RAB Pilkada ke pemerintah kabupaten sebesar Rp75,8 miliar.

Subchan menambahkan, pihaknya juga sudah beberapa kali melakukan pembahasan dengan pemerintah daerah dan juga pimpinan DPRD Jepara. KPU Jepara juga sudah menyampaikan jika pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Jepara yang dalam ketentuan Undang-Undang yang masih berlaku sekarang akan dilaksanakan pada 2024. Namun, katanya, bisa juga diajukan tahun 2022 apabila ada revisi Undang-Undang Pemilu sebagaimana yang saat ini masih dalam pembahasan DPR RI. (Humas KPU Jepara)

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri dan Komisioner Divisi Rendatin Muntoko, mendengarkan arahan Ketua KPU Provinsi Jateng Yulianto Sudrajat dalam rapat daring membahas persiapan Pilkada 2024 (2/10/2020).