Berita

KPU Lanjutkan Pemutakhiran Daftar Pemilih di 2021

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara mengadakan rapat koordinasi (rakor) terkait pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Februari 2021 secara daring, Jumat (26/2). Rapat tersebut dipimpin Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri dan diikuti empat komisioner lainnya, yaitu Muntoko, Ris Andy Kusuma, Muhammadun, dan Siti Nurwakhidatun serta Sekretaris KPU Da’faf Ali. Ikut serta secara daring di antaranya Bawaslu, perwakilan seluruh partai politik, Disdukcapil, Bagian Tata Pemerintahan Setda Jepara serta Polres dan Kodim 0719/Jepara.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa terbitnya Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 Tentang Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 menjadi dasar terselenggaranya rakor DPB ini.  Dalam surat edaran tersebut mewajibkan KPU Kabupaten/Kota untuk melaksanakan rapat koordinasi DPB bersama dengan stakeholder setiap bulan di 2021.

DPB di 2021 ini terdapat beberapa perbedaan mekanisme dari DPB dari tahun sebelumnya. “Salah satu perubahannya adalah sudah tidak adanya rapat pleno DPB dan diganti dengan rapat koordinasi  ini,” kata Subchan.

Ia juga menyampaikan bahwa sudah menjadi kewajiban bagi KPU Kabupaten Jepara untuk terus melakukan pemutakhiran daftar pemilh secara berkelanjutan, sebagaimana yang diamanatkan oleh  UU No 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan umum.  Subchan berharap kepada seluruh peserta agar ikut berpatisipasi aktif agar persoalan daftar pemilih ini tidak menjadi sengketa di saat memasuki tahapan pemilu nanti.

Optimalkan Website

Anggota KPU Kabupaten Jepara Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Muntoko dalam kesempatan yang sama mengajak masyarakat Kabupaten Jepara dan seluruh stakeholder untuk berpatisipasi aktif dalam mewujudkan daftar pemilih yang berkualitas. “Kami menyediakan fitur masukan pemilih di website resmi KPU Kabupaten Jepara sebagai media partisipasi,” ujar Muntoko. Ia juga menyampaikan bahwa  hasil rapat  koordinasi ini nantinya akan dituangkan dalam berita acara dan akan diumumkan ke dalam website resmi milik KPU Kabupaten Jepara.

Muntoko memaparkan jika KPU Kabupaten Jepara terus melakukan pemutakhiran daftar pemilihan berkelanjutan. Sehingga DPB periode Februari ini merupakan hasil-hasil dari proses pemuktahiran DPB yang dilakukan di bulan Januari-Februari.

Muntoko juga menyampaikan perkembangan Jumlah daftar pemilih di tahun 2021 ini. Ia menyampaikan berdasarkan hasil pemuktahiran data pemilih untuk periode Februari 2021 mencapai 877.128 pemilih. Terdapat kenaikan sejumlah 355 pemilih dari periode Desember 2020 yang berjumlah 876.773 pemilih.

Dalam rakor tersebut Sujiantoko, ketua Bawaslu Kabupaten Jepara menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan rakor DPB yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Jepara . Ia juga memberikan masukan kepada KPU memberikan salinan hasil rakor ini terutama terkait penambahan maupun pengurangan daftar pemilih disertai  daftar alamat pemilih.

Terkait hal itu Subchan menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Jepara akan menindaklanjuti masukan dari Bawaslu. Ia juga berpesan kepada Bawaslu Kabupaten Jepara ini agar terus mengawal proses pemuktahiran daftar pemilih yang dilakukan KPU. (kpujepara).

Back to top button
Close