Berita

Antisipasi Kerawanan, Polres Gelar Simulasi di Depan Kantor KPU Jepara

img_3770 <

Jepara, Kpujepara.go.id –Dalam rangka menyambut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, Polres Jepara gelar serangkaian simulasi untuk mewujudkan Pilgub yang aman dan damai Rabu (7/2/18). Polres mensimulasikan serangkaian kemungkinan gangguan keamanan yang bisa saja terjadi, beserta proses pengamanannya.

Simulasi sistem pengaman kota dalam menyambut Pilgub jateng 2018 dipimpin langsung  Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho. Hadir dalam acara tersebut Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, SE, Kasdim 0719 Jepara Mayor Chanafi, Kajari Jepara Dwianto Prihartono, Komisioner KPU Jepara Subhan Zuhri, Ketua Panwas Kabupaten  Jepara Arifin, dan wakil ketua Pengadilan Agama Ujang Jamaludin, SH, MH.

img_3596

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian antisipasi, kalau saja saat Pilgub terjadi hal hal yang tidak diinginkan. “Kami tidak berharap di Pilgub nanti terjadi kerusuhan, tetapi paling tidak kita sudah persiapan, sehingga nanti kita bisa langsung tanggap” kata Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho.

Kegiatan ini mengawal proses pengamanan jalannya tahapan Pigub, mulai dari kampanye, hari H Pemungutan Suara, hingga pasca penghitungan dan rekapitulasi hasil  suara. Kegiatan yang disimulasikan antara lain, kegiatan kampanye, penanganan pelanggaran praktik politik uang, gugatan pasangan calon, sampai anarkisme dari pihak pendukung pasangan calon tertentu.

Pertama-tama Polres mensimulasikan kegiatan kampanye, di mana kegiatan itu berjalan ricuh. Polres Jepara berusaha menenangkan anggota partai yang fanatik. Simulasi dilanjutkan pada kasus Money politik yang dilakukan salah satu partai, sehingga Polres langsung tanggap menyergap pelaku. Lalu dilanjutkan kejadian anarkisme yang disebabkan gugatan salah satu partai, yang menggugat KPU Jepara, akibat perbedaan jumlah hitungan dengan tim sukses.

Dalam sambutannya, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, SE mengatakan simulasi pengamanan ini merupakan sikap “sedia payung sebelum hujan”, persiapan yang dilakukan Polres untuk menghadapi pemilu ini sangat luar biasa. Marzuqi berharap semoga apa yang terkait dengan kegiatan simulasi ini bisa sesuai dengan harapan kita semua, untuk mewujudkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang aman.

Sementara itu, Komisiner KPU Jepara Subchan Zuhri mengatakan kesiapan yang ditunjukan Polres Jepara dalam antisipasi pengamanan Pilgub Jateng sudah sangat baik. “Kami percaya seratus persen kepada Polres dalam menjaga situasi keamanan dalam Pilgub 2018 ini. Semoga Pilgub Jateng ini benar-benar lancar, aman, becik tur nyenengke semua pihak,” ungkapnya. (F2@/hupmas KPU Jepara)

a href=”https://www.kpujepara.go.id/?attachment_id=3981″ rel=”attachment wp-att-3981″>img_3656 img_3612

 

 

Back to top button
Close