Berita

Begini Cara Unik KPU Jepara Sosialisasikan Pilbup 2017

Boneka MAskot SI ABDI memanfaatkan Car Free Day di Alun-Alun Jepara untuk menyosialisasikan Pilbup 2017
Boneka Maskot SI ABDI memanfaatkan Car Free Day di Alun-Alun Jepara untuk menyosialisasikan Pilbup 2017 (Dok. PPK Jepara)

 

JEPARA – Pemungutan suara pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Jepara 2017 kurang dari sebulan lagi akan dilaksanakan. Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara terus mengintensifkan kegiatan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada 15 Februari mendatang.

Minggu (22/1), sosialisasi keliling ke tempat-tempat keramaian secara serentak dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Jepara. Sosialisasi keliling itu ditempuh guna menyasar ke seluruh lapisan masyarakat agar informasi terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dapat diterima secara massif.

Beberapa cara unik dilakukan oleh PPK untuk menarik simpati berbagai kalangan dan kelompok untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat hari H pencoblosan. Seperti yang dilakukan oleh PPK Jepara Kota. Mereka melakukan sosialisasi dengan cara memanfaatkan Car Free Day (CFD) yang ada di alun-alun Kabupaten Jepara.

Setelah di CFD, PPK Jepara Kota melanjutkan melakukan woro-woro menggunakan mobil keliling. Maskot Si-Abdi di arak mobil bak terbuka terbuka mengelilingi tempat keramaian seperti pasar, tempat pariwisata dan beberapa kelompok masyarakat yang sedang berkumpul.

“Kami melakukan sosialisasi sejak pukul 6.30 di alun-alun Jepara sambil memutar Jinggel Pilbup. Kami melakukan sosialisasi dengan mobil keliling sambil membagikan brosur dan stiker pada masyarakat dan meberikan pemahaman pentingnya menggunakan hak pilihnya pada 15 Februari mendatang,” ujar anggota PPK Jepara, Muhammad Choirun Najib.

Di Kecamatan Donorojo, sosialisasi keliling dilakukan di pasar Tanggulasi, pertigaan Sambungoyot, dan tempat wisata Gua Manik. PPK Donorojo memulai keliling pasar sejak pukul 06.00.

“Kami ke pasar mulai pukul 06.00. Sebab pasar tanggulasi ramainya pagi hari sampai pukul 08.00,” kata Suhariyanto, divisi Sosialisasi PPK Donorojo. Menurutnya, antusias masyarakat dalam menyambut pilbup cukup baik.

Di Kecamatan Welahan sosialisasi juga menyasar ke pasar-pasar. Menurut Ketua PPK Welahan, Mufarikhin, sosialisasi keliling diawali dari Pasar Welahan, kemudian berpindah ke Terminal Gedangan, Pasar Teluk Wetan dan Pasar Pring Kali Pucang.

Sementara itu, Aminah, salah satu warga yang sedang berbelanja di Pasar Jepara mengungkapkan cara sosialsisi yang dilakukan PPK sangat unik untuk menarik minatnya menggunakan hak pilih. Ia yang sebelumnya belum tau mengenai cara-cara memilih saat Pilkada akhirnya mengerti setelah ada sosialisasi dari PPK.

“Unik banget ya cara yang dilakukan PPK. Selain hanya berkeliling menggunakan mobil, PPK juga menjelaskan kami cara mencoblos saat kami sedang belanja di pasar,” imbuh Aminah.

Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri menyatakan, sosialisasi keliling serentak yang dilakukan oleh PPK ini diharapkan akan dapat menyebarluaskan informasi Pilbup Jepara secara masif. Warga yang ada di pelosok-pelosok dapat menerima sosialisasi dan kemudian berpartisipasi pada Pilbup 15 Februari mendatang.

“Sosialisasi keliling ini juga akan dilakukan oleh PPS di 195 desa atau kelurahan menjelang pemungutan dan penghitungan suara Pilbup Jepara 2017,” tambahnya. (Hupmas KPU Jepara)

img-20170122-wa0016 img-20170122-wa0023 img-20170122-wa0025 keliling-pasar-1

Back to top button
Close