Berita

Belajar Menyelenggarakan Pemilu Lewat Pilkatos Serentak

img20170824085514
Siswi MAN Bawu memasukkan surat suara ke dalam kotak setelah menggunakan hak suaranya dalam Pilkatos di sekolahnya

JEPARA – Pemilihan Ketua OSIS (Pilkatos) tingkat SLTA (SMA, SMK, MA) se Jepara kembali digelar serentak. Tahun ini, merupakan Pilkatos serentak yang ketiga kalinya diprakarsai KPU Jepara. Pilkatos serentak tingkat SLTA ini digelar atas program kerjasama KPU Jepara, Disdikpora, dan Kementerian Agama Kabupaten Jepara.

Pilkatos Serentak tahun 2017 ini digelar pada 24 Agustus. Para siswa di masing-masing sekolah secara bersamaan menggelar pemilihan ketua OSIS ini setelah melalui berbagai tahapan. “Tahapan Pilkatos di SMA, MA dan SMK ini didesain seperti tahapan pemilu di Indonesia. Mulai dari pembentukan panitia penyelenggara, pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, ada hari tenang dan puncaknya adalah pemungutan dan penghitungan suara,” kata komisioner KPU Jepara divisi SDM dan Parmas, Subchan Zuhri.

Sebelumnya, KPU Jepara juga telah menggelar bimbingan teknis yang dihadiri perwakilan OSIS beserta Pembina OSIS SMA, MA dan SMK se Jepara. Dalam bimtek itu KPU menerangkan secara detail teknis pelaksanaan penyelenggaraan Pilkatos yang sesuai dengan asas Pemilu, yakni diselenggarakan secara Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (LUBER JURDIL).

Dalam pelaksanaan Pilkatos serentak ini, masing-masing sekolah juga mendapatkan contoh draf juklak Pilkatos beserta jadwal tahapan yang telah dirancang oleh KPU. “Dengan demikian, siswa dapat belajar berpraktik sebagai penyelenggara pemilu. Siswa akan lebih paham bagaimana susah senangnya menyelenggarakan pemilu setelah pelaksanaan Pilkatos ini,” tambah Subchan.

Pendidikan demokrasi memang perlu sejak dini disampaikan pada siswa sekolah, lebih-lebih bagi siswa SLTA. Sebab, tak lama lagi, siswa SLTA ini akan menjadi pemilih pemula dalam pemilu.

Pemilih pemula diharapkan turut menjadi bagian yang mampu meningkatkan kualitas demokrasi di negara kita. Selain sebagai pemilih, para lulusan SLTA ini juga diharapkan dapat disiapkan pula menjadi penyelenggara pemilu, baik sebagai KPU, atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), maupun sebagai Pelompok Penyelenggara Pemungutan Saara (KPPS) di tingkat TPS.

“Dengan pengalaman telah mengelenggarakan Pilkatos ini, tentu menjadi salah satu modal baik jika di kemudian hari mereka (para siswa) akan ikut terlibat dalam penyelenggaraan pemilu,” terang Subchan.

Pada pelaksanaan Pilaktos Serentak kemarin, KPU Jepara juga melakukan monitoring ke sejumlah sekolah. KPU juga mengajak perwakilan Disdikpora dan Kementerian Agama Kabupaten Jepara. (Hupmas KPU Jepara)

Siswa di SMA N Kembang tengah memberikan suaranya di bilik suara
Siswa di SMA N Kembang tengah memberikan suaranya di bilik suara
img20170824085610
Siswi MAN Bawu tunjukkan tanda tinta di jarinya setelah selesai menggunakan hak suaranya.
Back to top button
Close