Berita

CPNS KPU Dituntut Menciptakan Budaya Kerja yang Baik

Sekjen Bernard Sutrisno memberikan pengarahan kepada CPNS KPU se-Indonesia

Kpujepara.go.id – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) wajib menjaga integritas, meningkatkan kompetensi serta memperbanyak literasi. Tiga hal itu ditekankan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) KPU RI Bernard Sutrisno dalam kegiatan pengarahan dan penyerahan Surat Keputusan (SK) CPNS yang diadakan oleh Sekretariat Jendral KPU RI dan diikuti oleh CPNS KPU se-Indonesia, Kamis  (18/02/2021). Tahun ini, KPU Kabupaten Jepara juga mendapat tambahan satu CPNS baru.

“Integritas bukan hanya perkara moral yang baik, tapi juga dengan kinerja yang baik.” kata Bernard. Ia berpesan kepada seluruh peserta untuk mewujudkan budaya kerja yang mandiri, akuntabel dan disertai dengan kerja keras. CPNS diharapakan oleh Bernard mampu kreatif dan berinovasi sehingga dapat membuat terobosan-terobosan baru dalam lingkungan kerjanya. Pula CPNS di lingkungan kerja Sekretariat KPU penting untuk kembali menumbuhkan minat baca terhadap sumber-sumber bacaan yang dapat menununjang kinerjanya nanti.

Selain diisi oleh Sekjen KPU, pembekalan terhadap peserta juga diisi oleh Plt. Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Plt. Kepala Biro SDM KPU RI Lucky F. Majanto.

Ilham Saputra, Plt. Ketua KPU RI menjelaskan bahwa beban kerja di KPU itu berat. Sehingga diperlukan SDM yang dapat tekun dalam bekerja. Ia berpesan kepada seluruh CPNS KPU untuk memahami apa yang menjadi inti pekerjaan dari KPU sebagai penyelenggara pemilu. “Tak kalah penting bahkan lebih penting CPNS KPU harus dapat menjaga integritas,” kata Ilham. Ia juga menekankan kepada seluruh peserta untuk meningkatkatkan indeks reformasi birokrasi dengan menumbuhkan etos kerja yang baik. Sanksi tegas akan diberikan kepada ASN di KPU yang tidak disipilin dan bermalas-malasan dalam bekerja. “Kita tidak butuh pekerja seperti itu,” kata Ilham.

Plt. Kepala Biro SDM KPU RI Lucky F. Majanto, dalam kesempatan yang sama menjelaskan secara komprehensif mengenai pembinaan kepegawaian kepada seluruh CPNS KPU. Ia memberikan pengenalan kepada seluruh peserta terkait kebijakan mengenai kepegawaian di Kekretariat KPU. Sehingga diharapkan dalam bekerja, CPNS KPU mampu beradaptasi dengan segala regulasi dan budaya kerja yang telah diterapkan oleh KPU. Lucky juga menekankan kepada seluruh peserta untuk dapat mengembangkan kompetensinya dengan mengambil beasiswa yang sudah difasilitasi oleh KPU nantinya. KPU sendiri saat ini sudah bekerja sama dengan 12 perguruan tinggi di Indonesia. (kpujepara)

Penyerahan secara simbolis SK CPNS oleh Plt. Ketua Ilham Saputra didampingi Sekjen KPU Bernard Sutrisno kepada perwakilan KPU Provinsi
Back to top button