Berita

Data Baru, di Jepara Ada 877.612 Pemilih

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menetapkan jumlah daftar pemilih berkelanjutan sampai dengan 21 April 2020 sebanyak 877.612 pemilih, terdiri atas 437.370 pemilih laki-laki dan 439.742 pemilih perempuan. Jumlah ini meningkat bila dibandingkan dengan pada pemilu 17 April 2019 lalu dimana ada 876.490 pemilih.

 

Data pemilih berkelanjutan yang baru ditetapkan tersebut mengacu di antaranya pada data baru yang tidak memenuhi syarat karena meninggal dunia, ganda, pindah domisili, dan perubahan status TNI/Polri, sekaligus sebagai akumulasi dari hasil penetapan pemilih berkelanjutan pada Maret dan April. Pada penetapan Maret lalu, berdasarkan data yang ada, terdapat 2.688 pemilih yang tidak memenuhi syarat. Ada tambahan 25 pemilih pada April ini yang tidak memenuhi syarat karena sebab-sebab di atas.

 

Pleno penetapan daftar -pemilih berkelanjutan tersebut dilakukan Selasa (21/4) di ruang rapat KPU Kabupaten Jepara. Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Subchan Zuhri bersama empat komisioner lainnya, Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nurwakhidatun, dan Muhammadun. Selain itu juga dari tim sekretariat. Langkah pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut ditempuh mengacu pada Surat KPU RI Nomor 181/2020 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020 bertanggal 28 Februari lalu. Di antara isi surat dari KPU RI itu adalah pertama, KPU provinsi/KPI Aceh dan KPU/KIP kabupaten/kota yang tidak melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta bupati dan wakil bupati, dan /atau walikota dan wakil walikota tahun 2020, melakukan kegiatan pemutakhiran data pemilih secara berkala. KPU kabupaten/kota melaporkan hasil pleno tersebut setiap bulan kepada KPU provinsi. (kpujepara).