Berita

Debat Terbuka Putaran Kedua Berlangsung Lebih Tertib

img_0062

 

JEPARA – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara kembali bertemu dalam satu forum untuk memaparkan visi-misi dan programnya kelak jika dipercaya memimpin Jepara lima tahun ke depan. Kedua Paslon dipertemukan dalam Debat Terbuka putaran kedua yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Selasa (24/1) malam di gedung Wanita Kabupaten Jepara. Teman debat putaran kedua ini “Memajukan dan Menyerasikan Pembangunan Daerah untuk Keutuhan NKRI”.

Debat terbuka kedua ini disiarkan langsung TVRI dan 4 Radio Lokal di Jepara. Acara debat juga disaksikan sekitar 500 undangan yang hadir di Gedung Wanita yang terdiri dari para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Jepara, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, LSM, para penyelenggara mulai dari perwakilan KPU Provinsi Jawa Tengah, KPU Kabupaten, Panwas  Kabupaten, PPK, Panwascam, dan 60 orang pendukung masing-masing pasangan calon.

Debat terbuka antar pasangan calon dalam Pilbup Jepara 2017 Selasa malam malam itu berlangsug selama 90 menit, dimulai pukul 19.30 hingga 21.00. Debat sebagai salah satu metode kampanye yang difasilitasi oleh KPU Jepara itu dipandu oleh moderator Sigit Rudiyanto, presenter TVRI.

Ketua KPU Jepara Muhammad Haidar Fitri, saat memberikan sambutan pembuka menyampaikan, debat ini sebagai salah satu metode kampanye yang diharapkan dapat digunakan semaksimal mungkin oleh semua pasangan calon. “Diharapkan para pemilih di Jepara semakin mengerti dan memahami terhadap semua pasangan calon untuk kemudian menjadi dasar masyarakat secara rasional dan cerdas untuk menggunakan hak pilihnya besok pada 15 Februari 2017” terangnya.

Dibabdingkan dengan pelaksanaan Debat Terbuka putaran pertama 20 Desember lalu, Debat Terbuka putaran kedua berjalan lebih tertib. Pasangan calon tampak lebih hati-hati dalam menjawab pertanyaan moderator. Dalam sesi saling tanya, para calon juga mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan tema debat.

Sebelum acara debat berlangsung, KPU Jepara juga sudah menyampaikan kepada para pasangan calon agar pada saat segmen saling bertanya para calon tidak mengajukan pertanyaan yang menyinggung pribadi, menyinggung suku, agama, ras, dan antar golongan.

Sementara bagi para pendukung yang ada di dalam gedung juga tidak banyak membuat gaduh yang mengganggu jalannya debat. Pada saat jeda antar segmen para pendukung tidak menyampaikan yel-yel sebagaimana debat putaran pertama.

Bagi pendukung calon yang ada di luar gedung, KPU Jepara juga menyiapkan dua layar lebar untuk memfasilitasi pendukung yang jumlahnya lebih banyak disbanding pada saat debat putaran pertama.

Debat Terbuka putaran kedua ini dibagi dalam lima segmen. Diawali segmen pertama penyampaian visi-misi, segmen kedua pendalaman visi-misi dengan menjawab pertanyaan dari moderator. Sedangkan segmen ketiga para calon masing-masing harus menjawab dua pertanyaan warga yang sudah disiapkan KPU. Di segmen ketiga ini ada empat persoalan yang dipertanyakan warga, yakni terkait penanggulangan narkoba, masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak, kemudian masalah pariwisata dan persoalan kebijakan pembangunan wilayah pesisir dan nasib nelayan.

Di segmen keempat menjadi segmen yang paling ramai, yakni para pasangan calon saling melontarkan pertanyaan, jawaban dan sanggahan. Kemudian di segmen terakhir adalah closing statement. (Hupmas KPU Jepara)

img_0083

img_0106

img_1812

img_1857

Back to top button
Close