Berita

DPTHP-2 Disempurnakan, KPU Tetapkan Data Pemilih Terbaru

LAMPIRAN REKAPITULASI PENYEMPURNAAN DPTHP-2


20181209_180514
pujepara.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menggelar rapat pleno terbuka penyempurnaan daftar pemilih tetap (DPTHP) tahap 2 untuk pemilu 2019 di Hall Resto Maribu, Jepara, yang berakhir Minggu (9/12) pukul 16.45. Hasilnya, ada penyusutan jumlah pemilih. Dalam pleno DPTHP-2 pada 12 November lalu, jumlah pemilih di Jepara untuk pemilu 2019 sebanyak 878.410 pemilih. Setelah ada penyempurnaan, menjadi 876.490 pemilih.
Penyempurnaan DPTHP-2 itu merupakan rekomendasi dari Bawaslu RI bertanggal 15 November, dimana KPU diberi waktu 30 hari untuk menindaklanjuti rekomendasi daftar pemmilih termutakhir tersebut. KPU Jepara menerima surat dari KPU RI terkait rekomendasi itu pada 21 November lalu. Selanjutnya, hasil penyempurnaan DPRHP-2 yang telah ditetapkan ini langsung disampaikan KPU Jepara ke KPU Provinsi Jateng.
Rapat pleno terbuka penyempurnaan DPTHP-2 ini dihadiri lima komisioner KPU, yaitu Subchan Zuhri, Muntoko, Ris Andy Kusuma, Muhammadun, dan Siti Nurwakhidatun. Hadir di antaranya dalam rapat tersebut perwakilan Forkompida, anggota Bawaslu Jepara M Zarkoni, perwakilan seluruh parpol, perwakilan tim kampanye pasangan capres-cawapres dan tim kampannye DPD. Seluruh anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) juga hadir. Setelah rapat dibuka ketua KPU Subchan Zuhri, hasil penyempurnaan DPRHP-2 dibacakan Muntoko dan Muhammadun.
Subchan Zuhri mengatakan, penyempurnaan DPTHP-2 ini bersumber dari tiga hal, yaitu pertama, rekomendasi Bawaslu RI dengan rincian 37.883 berupa data ganda, data rusak, dan data pemilih usia di atas 70 tahun. Kedua, rekomendasi Bawaslu Kabupaten Jepara sebanyak 1.103 pemilih, terdiri atas kategori meninggal dunia, di bawah umur dan belum menikah, tidak dikenal, pindah domisili, data ganda, data ganda lintas kecamatan, data invalid, dan pemilih baru. Ketiga, dataganda dalam negeri dengan DPT luar negeri dari KPU RI sebanyak 895 pemilih.
Terhadap seluruh rekomendasi itu, KPU Jepara bersama-sama denga PPK dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan telah menindaklanjuti dan memvalidasi. “Kami sudah memvalidasi sampai tingkat desa,”kata Muntoko, dari Divisi Data dan Informasi yang memandu proses pemutakhiran data pemilih.
Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Muhammadun menambahkan, sehari sebelum dilakukan rapat pleno terbuka itu, dilakukan pencermatan bersama yang melibatkan Bawaslu (diwakili Arifin) dan seluruh perwakilan parpol, dan mengundang unsur pemerintah di Hall Gecho.
Terkait hasil peyempurnaan DPTHP-2 itu, perwakilan parpol yang hadir mengapresiasi. Zakariya Anshori (PKB) mengatakan, pihaknya mengikuti tahapan pemutakhiran data ini. Kami lihat KPU saat pencermatan bersama sebelum pleno ini menunjukkan bukti on the spot bagaimana validasi dilakukan di tingkat desa,” kata Zakariya.
Nur Cholis (PDI Perjuangan) mengungkakan, penyempurnaan data pemilih sudah dilakukan dengan profesional dan dalam pengawasan Bawaslu. Kami bisa menerima, dan proses tahapan ini kami apresiasi,” kata dia. Haryanto (PAN) mengatakan, pencermatan terhadap berragam kategori dilakukan secara rinnci oleh KPU, jadi proses ini kami hargai,” ujarnya.

20181209_180556
Kartini (Parta Berkarya) mengaku mengikuti awal hingga akhir proses-proses pemutakhiran data pemilih. “Saya menilai semua data bisa dipertanggung jawabkan oleh KPU,” tandasnya.
Sugiyono (Partai Golkar) menghargai rekomendasi Bawaslu yang ditindaklanjuti dengan baik oleh KPU. “Setelah proses ini, data pemilih tentu dinamis, misalnya pindah domisili atau meninggal dan itu harus terus dirawat sampai saat pemungutan suara,” katanya. Wardoyo dari PKS secara khusus menghargai proses pemutakhiran yang dilakukan di tingkat PPS, PPK, sampai dengan KPU. Hal serupa juga disampaikan Masrikan dari Perindo.
M Zarkoni dari Bawaslu menegaskan, rekomendasi oleh Bawaslu terkait pemutakhiran data ini untuk melindungi hak pilih. “Silakan bisa dilanjutkan penandatanganan atas penyempurnaan DPTHP-2,” ujar dia.
Ketua KPU Subchan Zuhri menambahkan, berita acara penetapan penyempurnaan DPTHP-2 itu selain diserahkan ke KPU Provinsi Jateng, juga ke Bawaslu Kabupaten Jepara, Disdukcapil Jepara, serta peserta pemilu 2019 tingkat Kabupaten Jepara. (muh/KPU Jepara)

20181209_180644

Back to top button
Close