Berita

Facebook Berbagi Pengembangan Konten Akun Medsos KPU

Kpujepara.go.id – Representasi Facebook di Indonesia menjadi mitra diskusi KPU Provinsi Jawa Tengah dalam webinar bertema The New Normal; Peran Media Sosial dalam Pemilihan 2020 yang berlangsung Selasa (23/6). Diskusi tersebut diikuti seluruh KPU kabupaten/kota di Jawa Tengah. Sebagai lembaga penyelenggara pemilu dalam pemilihan, masih terbuka luas kesempatan bagi KPU untuk mengembangkan media sosial sebagai bagian dari upaya menjaring ruang partisipasi publik sekaligus kanal informasi pililihan soal pemilu dan pilkada.
Noudhy Valdryno, Politics and Government Outreach Facebook Asia Pacifik menjadi narasumber dalam webinar tersebut, dengan pemantik diskusi anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti. Webinar yang berlangsung selama 2,5 jam tersebut dipandu Agustina Cahyaningsih, sekretariat KPU Jawa Tengah.
Diana Ariyanti mengatakan, media sosial memiliki kekuatan untuk memengaruhi masyarakat. Di media sosial memungkinkan terciptanya ruang interaksi dan partisipasi dengan publik. KPU di tiap level, sampai KPU kabupaten/kota memiliki akun media sosial. “Kami menghadirkan perwakilan Facebook Indonesia untuk mendiskusikan ruang-ruang yang masih bisa ditingkatkan di media sosial milik KPU,” kata Diana Ariyanti.
Noudhy Valdryno menyarankan agar akun-akun media sosial bisa aktif mengunggah konten-konten yang memiliki sentiment positif dan membasahinya dengan optimisme. “Silakan bisa di highlight bagaimana aktivitas Lembaga, tampilkan sisi-sisi yang menarik dan penting untuk diketahui publik,” kata dia.
Ia juga berbagi tentang kunci konten yang bisa mendapatkan tempat di kalangan warganet. Di antaranya konten yang interaktif dan tepat waktu. Konten yang interaktif untuk sebuah akun organisasi atau lembaga tetap mengandung unsur substansial, misalnya informasi tertentu. Namun tetap diupayakan dikemas secara otentik dan menyenangkan. Unggahan yang tepat dari sisi waktu perlu dipertimbangkan dengan matang. Topik hangat, informasi baru, dan konten tersaji berkualitas, namun jika waktu pengunggahan tidak tepat, maka sulit mendapatkan tempat. Webinar tersebut bersifat interaktif. Banyak respons dari peserta. Noudhy Valdryno berbagi informasi tak hanya soal konten Facebook, namun platform lain seperti Instagram. (kpujepara)