Berita

Gandeng KPU, Mahasiswa Unissula Jembatani Informasi Pemilu ke Warga Desa

  • 20190224_120303

    Kpujepara.go.id – Partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 banyak ragamnya. Salah satunya menyampaikan informasi seputar pemilu ke warga desa. Hal itu dilakukan mahasiswa Unissula Semarang yang kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Karanggondang Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara, Jumat (22/2).

    Bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, para mahasiswa itu menghadirkan lebih dari 100 warga di balai desa setempat untuk mensosialisasikan pemilu. Hadir sebagai narasumber komisioner KPU Jepara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia Muhammadun. Acara itu dibuka Kepala Seksi Pemerintahan Desa Karanggondang Harun ar Rasyid. Hadir pula para anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mlonggo, serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Karanggondang.

    Nilna Kaliya, salah satu mahasiswi Unissula mengatakan, ia bersama rekan-rekannya telah berbaur dengan warga Desa Karanggondang untuk pengabdian selama KKN. Di antara sekian banyak kebutuhan warga yang ia saring, salah satunya warga butuh informasi lebih lengkap soal pemilu 2019. “Itu mengapa kami bekerja sama dengan KPU untuk menggelar sosialisasi ini dan didukung pemerintah desa,” kata Nilna. Aulia Rahman dalam sambutannya mengatakan, kegiatann itu adalah bentuk partisipasi mahasiswa di pemilu. “Kami berharap informasi kepemiluan yang disampaikan KPU Jepara ini dapat memenuhi harapan masyarakat desa,” kata dia.

    Sementara itu Muhammadun dalam sosialisasi itu menjelaskan secara rinci dan sederhana tentang posisi pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tata cara memberikan suara yang sah di tempat pemungutan suara (TPS) dan menghindari bentuk-bentuk coblosan yang tidak sah, tentang pentingnya kehati-hatian terhadap informasi hoaks seputar pemilu, menghindari dan ikut mempersempit ruang praktik politik uang, serta mensosialisasikan soal hak pilih, terutama untuk mereka yang keluarganya merantau dan akan pindah lokasi TPS tempat memilih. (muh/kpujepara). 

    20190224_115749
    Para mahasiswa Unissula yang KKN di Desa Karanggondang Bersama Komisioner KPU Jepara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia Muhammadun usai mensosialisasikan pemilu 2019 ke warga setempat, Jumat (22/2).
Back to top button