Berita

Gelar Media Gathering, KPU dan Wartawan Adu Teknik di Lapangan

Tim Futsal KPU dan Wartawn foto bersama sebelum digelar pertandingan persahabatan. (29/5/2015)
Tim Futsal KPU dan Wartawan foto bersama sebelum digelar pertandingan persahabatan. (29/5/2015)

JEPARA – Dalam rangka menjalin komunikasi dan kemitraan dengan wartawan, Jumat (29/5) kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara gelar Media Gathering yang dikemas dengan pertandingan futsal. Acara itu berlangsung di lapangan Jepara Futsal Centre, Bapangan.

Sebelum pertandingan futsal antara tim KPU Jepara dan tim Wartawan, terlebih dahulu digelar ramah tamah dan penyampaian sejumlah informasi terkait penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara. Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menyampaikan, Pilbup di Jepara bakal diselenggarakan pada 2017 mendatang. Saat ini, KPU tengah mematangkan program dan anggaran yang sudah diajukan ke Pemerintah Daerah beberapa waktu lalu.

“Terkait anggaran, KPU sudah  menyusun rencana anggaran belanja (RAB) dan kami sudah ajukan ke Pemkab. Saat ini masih dalam proses pembahasan bersama antara KPU dan Pemkab,” katanya. Ditambahkan, bahwa RAB yang diajukan KPU ke Pemkab sebesar Rp 30,8 miliar itu sudah disusun dengan mengacu pada peraturan yang ada, dan mengedepankan asas efektifitas dan efisiensi.

Disampaikan pula bahwa tahapan Pilbup di Jepara akan dimulai pertengahan 2016. KPU berharap, saat ini masyarakat agar mulai memunculkan calon-calon pemimpin yang diharapkan dapat bersaing dalam pemilihan orang nomor satu di Pemkab Jepara.

Pilbup 2017 akan diikuti oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung partai politik. Maupun bisa juga pasangan calon yang maju tanpa dukungan parpol, yakni melalui jalur calon perseorangan atau dikenal calon independen.

Untuk partai yang dapat mengusung pasangan calon, minimal harus mempunyai 20 persen kursi di DPRD atau sama dengan 10 kursi. Bisa juga dengan mengunakan perhitungan jumlah perolehan suara pada pemilu 2014 lalu, yakni minimal harus memiliki 25 persen suara dari total suara sah.

Sedangkan bagi calon perseorangan yang akan maju dalam Pilbup 2017 mendatang harus mempunyai dukungan sedikitnya 6,5 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Jepara dan dukungan tersebut tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan. Jika jumlah penduduk di Jepara sekitar 1.250.000, maka dukungan itu minimal sebanyak 81.250 orang yang dibuktikan dengan fotokopi KPT dan surat dukungan.

Sementara dalam pertandingan futsal antara tim KPU dan tim Wartawan berjalan cukup ramai. Kedua tim saling jual beli serangan. Di babak pertama, KPU mampu mengimbangi kekuatan tim wartawan yang diperkuat Budi Santoso (Wawasan), Muhammadun Sanomae (Suara Merdeka), Dian Ardiansyah (Radio Kartini), Zaky Alvian (Radio Swara Jepara) dan kipper Adi Purnomo (Suara Merdeka).

Namun, di babak kedua, fisik pemain KPU semakin menurun. Apalagi tim wartawan memasukkan beberapa pemain baru seperti Abdur Rohim (Radar Kudus), Alip Sutarto (MNCTV), dan Ferdy (Radio Erlisa). Pertandingan futsal itu akhirnya dimenang tim wartawan. (hupmas)

uhammadun Sanoma dari tim wartawan mencoba melewati hadangan Subchan Zuhri. (29/5/2015)
Muhammadun Sanoma dari tim wartawan mencoba melewati hadangan Subchan Zuhri. (29/5/2015)

_MG_0469

Tinggalkan Balasan

Back to top button