BeritaPilgub 2018

Gelar Uji Publik DPS Dimeriahkan Berbagai Kreasi

img_7105

Jepara, Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara gelar Uji Publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 secara serentak di seluruh TPS di Jepara, Selasa (27/3/18).

Uji publik DPS di setiap TPS dengan mengundang ketua RT/RW tokoh masyarakat dan kepala keluarga yang ada di setiap TPS. Pada gelaran uji publik DPS ini, Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga menggelar berbagai kreasi untuk menarik kehadiran warga ke balai desa atau lokasi digelarnya uji publik.

Di Desa Bandungrejo, Margoyoso dan Batu Kali Kecamatan Kalinyamatan misalnya, uji publik dimeriahkan dengan nonton bareng film di balai desa setempat. Film-film yang sedang digemari kawula muda, seperti Dilan, Warkop DKI Reborn menjadi tontonan di saat PPS menggelar uji publik. Masyarakat pun menyambut baik uji publik dengan berbondong-bondong ke balai desa untuk mengecek namanya di pengumuman DPS.

Uji publik dilakukan selama 10 hari, dimulai sejak 24 Maret – 2 April, dan dilakukan secara serentak mengundang warga pada 27 Maret di tiap balai desa dan tempat- tempat yang sudah dipilih. Selain tertempel di tiap balai desa dan tempat-tempat yang ditentukan, data pemilih sekarang juga bisa diakses via internet melalui Website yang disediakan KPU di Infopemilu.kpu.go.id.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Jepara Anik Sholihatun mengatakan, Uji publik baru pertama kali dilaksanakan, yaitu di Pilgub 2018 ini. “Dulu daftar pemilih hanya ditempel di Balai Desa, masyarakat jarang sekali ada yang mengecek. Dengan gerakan Uji publik serentak ini, KPU ingin mengajak mesyarakat ikut berperan aktif mencermati daftar pemilih sementara yang sudah disusun oleh KPU. Dan mengusulkan nama-nama yang ada, tapi tidak ada, ataupun nama yang tidak ada, tapi diada-adakan ” terangnya.

Masyarakat bisa ikut menanggapi apabila dirinya belum tercantum pada DPS, atau ada pemilih tidak memenuhi syarat tetapi yang masih tercatat. Masyarakat juga bisa memberitahu PPS apabila masih ada permasalahan di syarat pemilih, yaitu KTP Elektronik.

“Panwas turut andil mengawasi baik buruknya DPS terkait peran Panwas sebagai badan pengawas. Kami juga mengajak Disdukcapil terkait kebijakan baru di pemilu ini yaitu harus ber-KTP Elektronik, sehingga Disdukcapil bisa turut membantu menyelesaikan masalah E KTP ini. Sedangkan Tim sukses terlibat karena, bahan gugatan terbanyak terkait data pemilih, berasal dari Tim sukses, tim sukses perlu ikut andil melihat proses pemutakhiran data ini” paparnya.

Anik meneruskan, data pemilih ini selalu menjadi isu krusial menjelang pemilihan, yang bisa menjadi bahan gugatan. Padahal sebelumnya orang seakan tak acuh pada data pemilih. Data pemilih bersifat dinamis, selalu berubah. “sekarang pemilih masih hidup, tetapi saat menjelang pemilu bisa saja meninggal. Kita tidak tahu, data selalu berubah. Untuk itu kami meminta bantuan Masyarakat agar bisa ikut menanggapi data yang sudah diusahakan oleh PPDP, PPS, dan PPK tersebut” tambahnya.

Anik mengaku sejauh pantauan KPU saat Monitoring, Uji Publik berjalan sukses, masyarakat antusias, dan bergotong royong mencermati data pemilihnya. “Dengan Uji Publik serentak ini, masyarakat yang sebelumnya acuh jadi gotong royong untuk mencermati DPS. Beberapa tempat bahkan menggelar nonton bareng dan pertunjukan seni untuk mengumpulkan masyarakat agar ikut serta mencermati DPS” terangnya.

Walau memakan waktu panjang dan melibatkan masyarakat banyak, KPU berharap masyarakat tetap ingat kewajibannya untuk datang ke TPS di tanggal 27 Juni mendatang. “Walau ribet dan lama, yang paling penting adalah saat di TPS bisa datang. Percuma data pemilih ini bagus, apabila tingkat partisipasi masyarakat saat di TPS rendah. Semoga bisa becik data pemilihnya, dan menyenangkan prosesnya” tandasnya.

Setelah uji publik ini, PPS dan PPK akan menyusun DPS, menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Dan akan direkap menjadi DPT oleh KPU Kabupaten Jepara pada pertengahan April nanti. HupmasKPUJepara(F2@)
img_6160paksub
img_7017
img_7042
img_7075
img_7202
img_7400

Back to top button