Berita

Hari Ketiga Pendaftar PPK Mencapai 121 Orang

Salah seorang pendaftar menyerahkan dokumen persyarakat kepada petugas penerima pendaftaran di KPU Kabupaten Jepara
Salah seorang pendaftar menyerahkan dokumen persyarakat kepada petugas penerima pendaftaran di KPU Kabupaten Jepara
JEPARA – Pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di KPU Kabupaten Jepara hingga hari ketiga (23/6/2016) telah mencapai 121 orang. Dari juga tersebut, jumlah pendaftar laki-laki sebanyak 101 orang, sedangkan pendaftar perempuan ada 20 orang.
Dari 16 kecamatan di Jepara, pendaftar terbanyak ada di Kecamatan Kedung dan Mlonggo, yakni masing-masing 12 orang. Sedangkan jumlah pendaftar paling sedikit ada di Kecamatan Pakis Aji yang baru ada tiga orang, kemudian Kecamatan Kembang dan Nalumsari masing-masing baru empat orang.
Di Kecamatan Karimunjawa, yang pendaftarannya dilakukan di Kantor Kecamatan, hingga Kamis sore (23/6/2016) telah ada tujuh pendaftar yang terdiri dari dua perempuan dan lima laki-laki. Khusus untuk Kecamatan Karimunjawa pendaftaran akan ditutup pada 24 Juni 2016.
Sementara pendaftaran calon anggota PPK selain di Kecamatan Karimunjawa akan dibuka sampai dengan 25 Juni 2016. Pendaftar dapat menyerahkan dokumen persyaratan yang terdiri dari surat pendaftaran calon anggota PPK, Foto kopi KTP, Foto Kopi ijazah terakhir yang sudah dilegalisasi, pas foto 4×6 sebanyak empat lembar, suret keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit, surat ijin dari atasan bagi PNS atau pegawai BUMN/BUMD, surat pernyataan sebagaimana ketentuan peraturan KPU Nomor 3 tahun 2015.
Formulir persyaratan tersebut, oleh KPU telah diumumkan melalui website sejak tanggal 21 Juni 2016 dan juga dibagikan ke seluruh kecamatan di Jepara. Diharapkan, dalam sisa waktu dua hari ini, warga masyarakat Jepara yang memenuhis yarat untuk menjadi dan ingin berpartisipasi menjadi penyelenggara dapat segera mendaftar ke KPU Kabupaten Jepara.
Jumlah anggota PPK untuk setiap kecamatan terdiri dari lima orang. Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini, di antara tugas-tugas PPK adalah membantu KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap, melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pilbup di tingkat kecamatan yang telah ditatapkan oleh KPU Kabupaten, menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU Kabupaten, mengumpulkan hasil penghitungan suara di tingkat PP di wilayah kerjanya dan sebagainya.
Pembentukan PPK dan PPS, sebagaimana telah dijadwalkan di dalam PKPU nomor 3 tahun 2016 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2017 adalah mulai 21 Juni sampai 20 Juli 2016. KPU Kabupaten Jepara telah menjadwalkan pelantikan anggota PPK pada 15 Juli 2016. (Hupmas KPU Jepara)

Tinggalkan Balasan

Back to top button