Berita

Inovasi Konten Website Menentukan Wajah KPU

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengelolaan sistem laman resmi yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah. Rakor dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh KPU Kabupaten/Kota se-Jateng, Rabu (3/3).  Dari KPU Kabupaten Jepara, hadir dalam rakor daring Ketua KPU Subchan Zuchri, Koordinator Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Muhammadun, Koordinator Divisi Program dan Data Muntoko, kepala Subbag Teknis dan Hupmas, kepala Subbag Program dan Data serta admin dari website KPU Kabupaten Jepara.

Paulus Widiyanto, anggota KPU Divisi Data dan Informasi  KPU  Provinsi Jawa Tengah  dalam sambutannya  menyambut baik terselenggaranya rakor ini karena dapat dijadikan sarana edukasi bagi jajaran KPU kabupaten/kota dalam pengelolaan website.  Ia menyerukan kepada pengelola website di KPU kabupaten/kota agar dapat meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola website dengan mengikuti pelatihan-pelatihan.

Dalam kesempatan tersebut Paul menyampaikan agar pengelolaan website ini untuk ditangani secara serius. “Wajah KPU digambarkan oleh konten-konten yang dihadirkan dalam laman kita,” kata Paul. Ia juga menyampaikan untuk mewujudkan website KPU yang terintegrasi. “Aktivitas website kita rawan diganggu oleh pihak luar sehingga hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan website kita,” ujar Paul.

Paul juga berpesan kepada KPU kabupaten/kota untuk dapat menghadirkan inovasi terhadap konten-konten yang  akan disajikan dalam website. Hal ini perlu dilakukan untuk dapat menarik minat masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama  Andre Putra Hermawan, koordinator Bidang Infrastruktur dan Teknologi Informasi KPU RI memaparkan secara mendalam serta komprehensif mengenai manajemen pengelolaan website. Ia menekankan untuk adanya sinergi antar bagian atas pengelolaan website ini. ”Harus ada pembagian tugas yang jelas dalam pengelolaan website ini,” ujar Andre.

KPU kabupaten/kota juga diberikan arahan untuk dapat menghadirkan konten yang ringan sehingga dapat  diakses  publik dengan mudah.

Andre kemudian menjelaskan lebih lanjut mengenai manfaat dari pengindukan website  KPU Kabupaten/Kota ke website resmi milik KPU RI.  Ia  menyampaikan jika KPU RI siap memfasilitasi dan mengadvokasi kegiatan pengintegrasian ini. Ia memberikan solusi terhadap kendala-kendala yang dialami oleh KPU kabupaten/kota dalam pengelolaan website milik mereka. (kpujepara)

Back to top button