Berita

Jelang Pelaksanaan Tahapan Pilbup KPU Jepara Kumpulkan Stakeholder

IMG_5948

JEPARA – Sejumlah lembaga, dinas dan instansi yang menjadi pemangku kepentingan terkait pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Jepara tahun 2017 diundang berkoordinasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara. Rapat koordinasi digelar di aula KPU Jepara Jalan Yos Sudarso No 22, Kamis (28/4).

Ada 14 lembaga, dinas dan instansi yang menghadiri undangan koordinasi teresbut. Yakni Polres, Kodim 0719, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Bakesbangpol, Satpol PP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kementerian Agama, Disdukcapil, Dinas Kesehatan Kabupaten, Rumah Sakit Umum Daerah, Ikatan Dokter Indonesia, Lembaga Permasyarakatan, dan Kantor Pajak Pratama.

Ketua KPU Jepara H Haidar Fitri yang memimpin rapat koordinasi tersebut menyampaikan, para pemangku kepentingan terkait Pilbup Jepara ini diundang dalam rangka menyamakan persepsi untuk pelaksanaan tahapan Pilbup 2017. Mereka yang diundang adalah para pemangku kepentingan yang mempunyai kewenangan masing-masing terkait tahapan-tahapan Pilbup.

“Sehingga KPU Jepara perlu menyamakan persepsi agar dalam pelaksanaan tahapan yang terkait dengan instansi lain nantinya tidak ada kendala. Dalam pelaksaan tahapan Pilbup ini KPU tidak kerja sendirian. Namun, ada instansi lain yang juga terlibat untuk menyukseskan pelaksanaan tahapan.

Di antaranya terkait pengamanan pelaksaan tahapan Pilbup tentu KPU harus menggandeng Polres, Kodim dan Satpol PP. Kaitannya dengan pemeriksaan kesehatan para calon bupati dan wakil bupati tentu saja menjadi kewenangan rumah sakit dan dokter yang ditunjuk. Kemudian Disdikpora dan Kemenag akan dilibatkan dalam pemeriksaan legalisasi ijazah untuk para calon.

Instansi lain yang terlibat adalah Kantor Pajak Pratama (KPP) yang berwenang mengeluarkan surat keterangan bebas tunggakan pajak yang menjadi salah satu syarat setiap calon bupati dan wakil bupati. “Terkait dengan syarat calon yang dikeluarkan instansi khusus, KPU tidak bisa ikut campur. Dan KPU hanya akan menerima berkasnya saja,” kata Haidar.

Selain menyamakan persepsi untuk pelaksanaan tahapan, KPU Jepara juga meminta kepada stakeholder yang hadir untuk turut menyukseskan Pilbup Jepara 2017 ini. Suksesnya Pilbup Jepara 2017 ini menjadi tangungjawab bersama-sama. (hupmas)

IMG_5945 IMG_5944

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close