BeritaPilgub 2018

Kerahkan PPDP dalam Gerakan #KPUmencoklit

Kerahkan PPDP dalam Gerakan #KPUmencoklit 

Menuju Daftar Pemilih Pilgub Jateng 2018

Yang Komprehensif, Akurat dan Mutakhir

tuna-netra-2
MenCoklit Tuna Netra

Berpedoman pada Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Program Jadwal dan Tahapan Pilkada serentak 2018,  Bahwa tahapan Pencocokan dan Penelitian (coklit) Data Pemilih dilaksanakan  selama 30 Hari  yakni mulai 20 Januari  hingga 18 Pebruari 2018.  Coklit ini dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( PPDP )  yang  telah diangkat dan diberikan bimbingan teknis oleh KPU Kabupaten Jepara pada 17 Januari.

Hasil coklit  menentukan derajat kualitas data pemilih. Karena itu respon sikap dan kesiapan warga masyarakat turut pula menentukan suksesnya kegiatan coklit ini

Untuk menggugah dan membangkitkan kesadaran warga masyarakat  tentang betapa pentingnya dukungan peran dan kesediaan mereka dalam proses  pemutakhiran data pemilih ini, KPU Kabupaten Jepara melakukan Gerakan #KPUmencoklit  serentak di 16 kecamatan, 195 desa/Kelurahan dan 1843 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilaksanakan pada hari pertama coklit  yakni Sabtu, 20 Januari 2018.

Sejumlah 2.513 Personel Penyelenggara pemilu terdiri dari 5 Komisioner KPU Kabupaten, 80 Personel PPK, 585 Personel PPS dan 1.843 PPDP teribat langsung dalam Gerakan  #KPUmencoklit ini.  Masing-masing komisioner, PPK dan PPS  terjun mendampingi PPDP  untuk mendatangi pemilih dari rumah kerumah. Setiap satu personel  akan mencoklit sekurangnya 5 rumah.

Lima rumah yang menjadi sasaran pertama  gerakan ini  adalah rumah para leader opinion atau tokoh publik, rumah pemilih yang rentan pendataan dari beragam segmen mulai  buruh, nelayan, petani, perempuan, pemilih pemula hingga pemilih berkebutuhan khusus atau disabilitas, masing-masing yang ada di tingkat kabupaten oleh KPU Kabupaten, tingkat kecamatan oleh PPK, tingkat desa oleh PPS dan PPDP.

img_1324
Coklit Bupati Jepara Ahmad Marzuqi

Rumah tokoh publik tingkat kabupaten yang akan dikunjungi adalah sebagai berikut:

  1. Ketua DPRD Junarso,
  2. Bupati Jepara H. Ahmad Marzuqi SE
  3. Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi, S.Sos
  4. NU Kabupten Jepara K.H. Hayatun Nufus AH
  5. Ketua PD Muhammadiyah H. Fahrur Rozi,
  6. Ketua Badan Musyawarah Gereja (BAMAG ) Sri Alim Yuliatun
  7. Ketua Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Ngardi Sindhu Atmaja, dan
  8. Tokoh Umat Budha, Kaspari

Target yang ingin dicapai  pada hari pertama gerakan ini adalah sekurangnya  9.215 rumah  terkunjungi  dan  36.860 pemilih  telah dicoklit. Ini dihitung berdasarkan jumlah PPDP 1843  kali 5 rumah dengan  rata-rata terdapat  4 pemilih dalam setiap rumah. Jumlah pemilih yang berhasil dicoklit  ini setara dengan 4.3 % dari total data pemilih yang akan dicoklit yakni 854.361 pemilih.

Jika target ini tercapai, KPU optimistis  coklit akan tuntas pada hari ke 23, sehingga  7 hari berikutnya PPDP hanya tinggal menyusun laporan kegiatan hasil Coklit.

KPU Kabupaten Jepara mengajak bergabung  Panwas Kabupaten beserta jajarannya  untuk   mengawasi kegiatan coklit ini dan KPU juga meminta Panwas untuk menyampaikan hasil pencermatan terhadap bahan  data pemilih yang akan dicoklit.  Sebelumnya secara resmi KPU telah sampaikan softcopy by name by addres beserta rekapitulasi per TPS per desa per kecamatan.  KPU akan menindaklanjuti hasil pencermatan Panwas sepanjang datanya benar.

KPU Kabupaten Jepara juga mengajak masyarakat  yang memenuhi syarat sebagai pemilih agar menyiapkan dokumen KTP Elektronik atau Suket atau KK agar dapat  terdaftar dalam data pemilih, serta menyampaikan informasi yang benar dan valid termasuk pemilih berkebutuhan khusus (dissabilitas) dan  sampaikan kepada petugas jika ada anggota keluarga yang sudah memenuhi syarat namun belum tercantum namanya didata pemilih bahan coklit (Form A-KWK).

KPU Kabupaten membutuhkan kerjasama yang intensif dan koordinasi yang sinergis dengan berbagai pihak, Pemerintah Kabupaten, Dinas Instansi, Pers,  Panwas Kabupaten dan masyarakat pemilih demi lancar dan suksesnya Gerakan #KPUmencoklit ini untuk mewujudkan data dan daftar pemilih pilgub Jateng yang Komprehensif Akurat dan Mutakhir.

img_5475

img_5482

Pilgub Jateng 2018

Becik tur Nyenengke

Jepara 17 Januari 2018

Ketua Divisi Perencanaan dan Data

KPU Kabupaten Jepara

Anik. Sholihatun

Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Jepara

 

Back to top button
Close