Berita

Komisioner dan Pegawai KPU Jalani Vaksinasi Covid-19

 

Kpujepara.go.id – Seluruh komisioner dan pegawai di lingkungan KPU Kabupaten Jepara, Selasa (9/3) disuntik vaksin Covid-19 di Klinik Savitri Jl Diponegoro Jepara.  Sebelumnya Pemkab telah mendata nama-nama yang akan divaksin dari Satuan Kerja KPU Kabupaten Jepara. Beberapa perkantoran di pemerintahan sebelumnya telah menjalani vaksinasi serupa. Suntik vaksin yang dijalani seluruh pegawai KPU pada hari ini merupakan tahap pertama.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri mengatakan kesediaan seluruh anggota dan pegawai KPU menjalani layanan vaksinasi tersebut merupakan bentuk komitmen dalam mendukung program penanggulangan pandemi Covid-19. Pelaksanaan layanan vaksin covid-19 dilakukan secara bergantian sesuai dengan protokol kesehatan.

“Sejak awal KPU Kabupaten Jepara berkomitmen mendukung langkah-langkah yang diambil dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Kami juga mengajak masyarakat luas agar mengikuti vaksinasi supaya Indonesia segera terbebas dari pandemi Covid-19,” kata Subchan Zuhri  usai disuntik vaksin di klinik, Selasa.

Mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan No 84/2020 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019, vaksinasi merupakan pemberian vaksin yang khusus diberikan dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

Pelaksanaan vaksinasi  Covid-19 bertujuan mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Sementara itu anggota KPU Jepara Muhammadun mengatakan, KPU terus berupaya bisa terlibat secara aktif dalam upaya pencegahan penularan Covid-19. Upaya-upaya pencegahan di internal kantor sudah dilakukan sejak awal munculnya penyebaran virus ini di Indonesia. Langkah-langkah pencegahan mengikuti panduan atau protokol dari Satgas Penanganan Covid-19 dari pemerintah.

Di luar itu, KPU Kabupaten Jepara, sesuai instruksi dari KPU RI, selain terlibat dalam sosialisasi pencegahan melalui konten-konten di website dan media sosial dengan tagar #KPULawanCovid-19, juga turut membagikan ribuan masker ke berbagai kelompok masyarakat, serta membagikan hand sanitizer. “Upaya pencegahan ini tanggung jawab bersama. Penyampaian informasi ke masyarakat dan antar masyarakat harus makin intensif dan efektif, termasuk dalam menyukseskan program vaksinasi ini,” kata Muhammadun. (kpujepara)

 

Back to top button
Close