Berita

Kompetensi Jurnalistik Menunjang Kerja Humas KPU

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara mengikuti workshop mengenai kejurnalistikan yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah, Rabu (24/3). Acara itu juga diikuti oleh KPU kabupaten/kota se-Indonesia. Dari KPU Kabupaten Jepara hadir Koordinator Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Muhammadun, Kepala Subbag Teknis dan Hupmas Bagus Gede serta staf Subbag Teknis dan Hupmas.

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Yulianto Sudrajat dalam kesempatan itu menyampaikan pentingnya workshop jurnalistik agar KPU dapat menyerap strategi komunikasi publik di era digitalisasi media. Yulianto berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mempergunakan sarana workshop ini untuk mengoptimalkan serta mengembangkan media sosial milik KPU. “Kita harus menjadikan website dan media sosial kita sebagai referensi bagi media lain,” ujar Yulianto. Ia juga berharap kegiatan ini dapat menjadi strategi komunikasi KPU yang dapat membangun partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Dewanthoputra Adhi Permana, Kepala Bagian Hukum, Teknis, dan Hupmas dalam kesempatan yang sama berharap kepada KPU kabupaten/kota dapat memahami kaidah jurnalistik yang baik lewat kegiatan ini. Dewanto juga berharap kepada KPU kabupaten/kota dapat merespons kebutuhan publik dengan menghadirkan berita-berita yang dikemas secara menarik.

Diana Ariyanti anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Sosdiklih dan Parmas sebagai narasumber dalam kesempatan itu mendorong agar KPU kabupaten/kota untuk terus melakukan pendidikan pemilih yang berkelanjutan. “Hal ini perlu dilakukan untuk mewujudkan demokrasi substansial,” kata Diana. Ia juga menekankan agar KPU kabupaten/kota untuk dapat menyampaikan informasi ke publik dengan bahasa yang mudah diterima publik. “Perlu untuk mengoptimalkan media sosial untuk mengakselerasi kedewasaan demokrasi pemilih,” seru Diana. Ia menyampaikaan itu karena masyarakat juga ingin mengetahui regulasi tentang kepemiluan. “Literasi elektoral menjadi penting bagi masyarakat pada saat ini. Sehingga penting bagi kita untuk mengemas informasi ini dalam bentuk konten yang menarik,” ujar Diana.

Narasumber yang juga berbagi ilmu jurnalistik dalam kesempatan tersebut adalah Managing Editor Kompas TV Zaki Amrullah. Dalam kesempatan yang sama Zaki menyampaikan materi seputar kejurnalistikan yang disampaikan secara komprehensif kepada peserta workshop. Zaki berpesan agar KPU responsif terhadap arus informasi yang diminati oleh publik. “Konten yang menarik dan informasi yang aktual merupakan keperluan media saat ini,” ujar Zaki. (kpujepara)

Back to top button
Close