Berita

KPU Ajak Parpol Persiapkan Diri

 

Kpujepara.go.id Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Subchan Zuhri mengungkapkan desain penyelenggaran pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024. Hal tersebut disampaikan Subchan dalam kegiatan sosialisasi tatacara penggunaan, pengelolaan, pelaporan bantuan keuangan kepada partai politik. Acara tersebut diselenggarakan Bakesbangpol di Ballroom Hotel D’Season Jepara dan diikuti oleh pimpinan parpol , Selasa (8/6/2021).

Selain Subchan Zuhri ada tiga narasumber yang lain. Yakni, Lukito Sudi Asmar, kepala Bakesbangpol Kabupaten Jepara; Bagus Kurniawan, kepala Subauditoriat Jateng I dan Endang Widuri, Kasubbag Umum dan Kepegawaian Inspektorat Kabupaten Jepara.

Acara dibuka asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto. “Perlu terjalin konsolidasi demokrasi yang baik untuk menyambut pemilu dan pemilihan serentak 2024,” kata Dwi Riyanto. Ia juga menekankan agar partai politik memprioritaskan bantuan keuangan untuk pendidikan politik.

Sementara, Subchan Zuhri dalam kesempatan tersebut memaparkan dinamika terbaru desain penyelenggaran pemilu dan pemilhan 2024. Ia menjelaskan berdasarkan rapat konsinering yang telah diselenggarakan oleh DPR RI Komisi II bersama  peyelenggara pemilu dan pemerintah menetapkan pemilu dilaksanakan pada 28 Februari dan pemilihan kepala daerah serentak pada 27 November 2024.  Ditambahkan bahwa dari pertemuan tersebut juga diputuskan bahwa tahapan dimulai 25 bulan sebelum pemungutan suara, yakni bulan Maret 2022.

Menyambut pemilu dan pemilihan serantak 2024, Suchan Zuhri menekankan kepada parpol untuk memiliki alokasi yang lebih untuk lakukan pendidikan politik. “Regulasi mewajibkan pemerintah dan parpol untuk melakukan pendidikan politik,” ujar Subchan. Hal ini untuk dapat mewujudkan pemilih yang cerdas, rasional dan berintegritas, tandasnya.

“Kita akan masuk tahapan pemilu dan pemilihan tahun depan,” ungkap Subchan.  Ia juga memberikan pesan agar parpol mulai bersiap hadapi tahapan pemilu dan pemilihan. Lebih lanjut Subchan menjelaskan berdasarkan simulasi tahapan yang dirancang KPU pendaftaran parpol akan dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus tahun depan.

Lukito Sudi Asmara dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa tujuan dari bantuan keungan parpol untuk lakukan pendidikan politik. “Kontribusi parpol penting dalam lakukan pendidikan politik,” kata Lukito. “Pendidikan politik penting untuk mendukung revolusi mental,” tandasnya.

Bagus Kurniawan dan Endang Widuri dalam kesempatan yang sama  memaparkan secara komprehensif telaah bantuan partai politik dari kacamata BPK dan Inspektorat. (kpujepara.go.id)

Back to top button
Close