Berita

KPU Berbagi Informasi Kepemiluan

whatsapp-image-2019-09-26-at-15-15-33-1

 

Kpujepara.go.id – Pemilu 2019 meninggalkan banyak jejak yang bisa menjadi bahan refleksi maupun evaluasi. Sebagai penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara membukukan catatan-catatan dari semua tahapan pemilu. Catatan-catatan tersebut bagian dari kinerja KPU selama melakukan semua tahapan penyelenggaraan, baik yang dilakukan secara internal maupun bersama-sama komponen masyarakat. Setelah pemilu berakhir, kini KPU Jepara berbagi informasi catatan tersebut ke beberapa pemangku kepentingan.

Pada Kamis (26/9), sebagai tahap awal, KPU berbagi buku informasi perjalanan penyelenggaraan pemilu 2019 itu kepada tiga instansi, yaitu Polres, Kodim, dan Kejaksaan Negeri Jepara. Di Polres, tim dari KPU yang terdiri atas, Ketua KPU Subchan Zuhri, serta empat komisioner lainnya, Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nurwakhidatun, dan Muhammadun. Selain itu dari sekretariat ada Sekretaris KPU Da’faf Ali dan Kasubag Perencanaan, Data dan Informasi Dinar Sitoresmi. Tim dari KPU diterima Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman.

Subchan Zuhri menjelaskan, informasi pemilu 2019 yang ada dalam buku tersebut berisi seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu 2019, mulai dari pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, pembentukan badan adhoc (PPK, PPS, dan KPPS), pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, penetapan dan penataan daerah pemilihan, pencalonan, logistik, dan kampanye. Selain itu juga berisi laporan dan audit dana kampanye, kegiatan sosialisasi pemilu, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara, penyelesaian sengketa pemilu, penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, serta terkait anggaran. “Informasi kepemiluan ini kami bukukan dan kami bagikan dalam jumlah yang terbatas, terutama kepada mitra-mitra KPU yang selama ini turut mendukung terlaksananya pemilu dengan lancar dan damai. Catatan-catatan ini juga bisa menjadi referensi untuk penyelenggaraan pemilu berikutnya,” kata Subchan Zuhri.

Arif Budiman menyambut baik langkah KPU dalam berbagi informasi secara utuh dari penyelenggaraan pemilu. Ia mengenang kerja pemilu, terutama yang bertalian dengan pengamanan sudah dilakukan secara maksimal dan mendapatkan dukungan banyak pihak. Di antara kunci keberhasilan penyelenggaraan pemilu adalah dukungan masyarakat, lembaga penyelenggara, peserta pemilu, pemerintah, ormas, serta intensifnya komunikasi yang dibangun. “Saya bahkan untuk hal-hal yang sifatnya mendesak, mengintensifkan model komunikasi informal. Yang penting persoalan yang memang harus cepat ditangani bisa segera teridentifikasi, terkomunikasikan, dan bisa diselesaikan,” kenang dia.

whatsapp-image-2019-09-26-at-15-15-33

Sementara itu di Kodim, Komandan Kodim Jepara Letkol Arm Suharyanto menyatakan, secara kelembagaan Kodim ada dalam satu barisan untuk bersama-sama dengan lembaga lain membantu upaya menjaga kondusivitas daerah. Ia yang bertugas di Jepara setelah pemilu usai dan masih terlibat dalam proses evaluasi penyelenggaraan kampanye, menyatakan buku informasi kepemiluan itu penting sebagai referensi lembaga-lembaga yang terkait.

whatsapp-image-2019-09-26-at-15-15-32

Sementara itu di kantor Kejaksaan Negeri Jepara (Kajari), Kepala Kajari Dwianto Prihartono juga menyambut baik “bagi-bagi informasi” KPU soal pemilu 2019 melalui buku tersebut. “Saya terakhir benar-benar memantau pemilu itu saat fase gugatan. Saya cermati betul, dan Jepara tidak ada gugatan. Kami menilai KPU telah membayar kepercayaan masyarakat. Buku informasi pemilu ini termasuk bagian dari keterbukaan informasi dari KPU terkait penyelenggaraan pemilu 2019,” kata Dwianto. (kpujepara).