Berita

KPU Jajaki Kerja Sama dengan Kemenag

Kpujepara.go.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara siap mendukung langkah-langkah yang direncanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara dalam memutakhirkan data pemilih berkelanjutan sekaligus memberikan pendidikan pemilih ke para siswa  madrasah-madrasah serta santri di pondok pesantren.

Hal itu disampaikan Kepala Kemenag Kabupaten Jepara Muh Habib saat menerima silaturahmi KPU Kabupaten Jepara terkait koordinasi mengenai pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan pendidikan pemilih pemula di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Selasa (16/3).

Dalam kesempatan itu dari KPU Kabupaten Jepara dihadiri Koordinator  Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Muhammadun, Koordinator Divisi Program dan Data Muntoko, Kasubbag Program dan Data Dinar Setoresmi beserta staf, serta tim humas KPU.

Muhammadun dalam kesempatan tersebut menyampaikan tentang perlunya menjalin sinergi antara KPU dengan Kemenag. “Koordinasi dan sinergi ini sudah kita lakukan sejak 2014 dalam bentuk pendidikan pemilih serta pendampingan-pendampingan pelaksanaan proses demokrasi pemilihan OSIS di madrasah. Kami ingin sinergi ini juga berjalan, terutama untuk pendidikan pemilih pemula di madrasah dan pesantren, serta dalam upaya KPU memenuhi hak memilih para pemilih pemula itu melalui pendataan yang berkelanjutan,” kata Muhammadun. Ia menyampaikan agar kerja sama terkait pendidikan pemilih pemula ini terus dilanjutkan, terutama setelah dibukanya tatap pembelajaran di sekolah. “Penting untuk membangkitkan literasi kepada pemilih pemula,” ujar Muhammadun.

Sementara itu Muntoko berharap Kemenag Kabupaten Jepara dapat mendukung kebutuhan pendataan pemilih pemula, termasuk penduduk yang belum berusia 17 tahun tetapi sudah menikah karena mereka sudah memenuhi syarat sebagai pemilih. “Siswa madrasah di bawah naungan Kemenag Kabupaten Jepara juga diharapkan dapat berpatisipasi aktif dalam usaha pemeliharaan data pemilih ini,” ujar Muntoko. Ia menyampaikan hal ini perlu dilakukan untuk memastikan para pemilih dapat memilih dalam pemilu nanti.

Habib menyambut baik ajakan kerja sama dari KPU Kabupaten Jepara terkait pendidikan pemilih pemula dan pemutakhiran  data pemilih pemula ini. Ia menyampaikan tentang pentingnya untuk mengadakan sosialisasi secara langsung kepada siswa-siswi guna mempersiapkan pemilih pemula dapat menjadi pemilih yang berkualitas. Ia juga menyampaikan Kemenag juga siap mendukung usaha KPU Kabupaten  Jepara dalam pemutakhiran data pemilih pemula ini. “Nanti setelah ini, kita perlu buat MoU, sehingga kami bisa langsung menyampaikan ke madrasah-madrasah,” kata Muh Habib. (kpujepara)

 

Back to top button
Close