Berita

KPU Jaring Masukan Peserta Pemilu Terkait Kampanye

img_6451
Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara membuka ruang masukan dari peserta pemilu dan stakeholder pemilu yang lain terkait fasilitasi kampanye pemilu 2019. Masukan-masukan tersebut diberikan peserta pemilu dalam diskusi bersama yang diselenggarakan di Resto Gecho, Jepara, baru-baru ini.

Acara dibuka Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri, dan dihadiri empat komisioner KPU lainnya, yaitu Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nurwakhidatun, dan Muhammadun. Hadir pula Dandim Jepara Letkol Arm Suharyanto, Wakapolres Jepara Kompol Prananda Subiyakto, perwakilan dari Satpol PP, dan Desk Pemilu, Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko, serta ormas dan pemantau pemilu.

Subchan Zuhri mengatakan, tahapan kampanye berlangsung relatif panjang, yakni sekitar tujuh bulan. Selain melibatkan secara langsung seluruh peserta pemilu, juga masyarakat pemilih, seerta stakeholder kepemiluan. “Secara umum, tahapan kampanye berjalan lancar dan damai. Dinamika-dinamika yang muncul bisa diselesaikan dengan aturan-aturan yang berlaku,” kata Subchan.

Secara teknis, para peserta pemilu memberikan banyak masukan dari isu-isu strategis yang berlangsung selama tahapan kampanye, di antaranya terkait fasilitasi alat peraga kampanye (APK) dari KPU, lokasi pemasangan dan lokasi pemasangan, serta perawatannya. Sesuai dengan regulasi, KPU memfasilitasi pembuatan alat peraga kampanye yang desainnya berasal dari peserta pemilu.

Rata-rata peserta pemilu banyak memberikan masukan terkait titik-titik yang diperbolehkan dan dilarang untuk pemasangan APK. Ke depan, mereka berharap lebih banyak titik-titik strategis yang secara regulasi diperbolehkan untuk pemasangan alat peraga kampanye.

Muhammadun, komisioner KPU dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM mengatakan, masukan-masukan dari banyak pihak terkait tahapan kampanye tersebut telah disampaikan ke KPU provinsi, dan selanjutnya akan dibahas dalam konsolidasi nasional yang akan digelar di Manado pada 12 September mendatang. (kpujepara)  

 img_6481 img_6486