Berita

KPU Jepara Ajak Komunitas Masyarakat Berpartisipasi Secara Aktif

sosialisasi-aisiyah sosialisasi-unisnu

JEPARA – Partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum di Kabupaten Jepara diperlukan untuk mewujudkan pemilihan bupati dan wakil bupati yang berintegritas. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara secara intens bergantian ke beberapa lembaga untuk bersosialisasi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi 15 Februari mendatang.

Partisipasi masyarakat dalam pemilu dapat diwujudkan dalam berbagai hal. Sebagaimana disampaikan Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri saat menyampaikan sosialisasi yang diselenggarakan Badan eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Unisnu Jepara, Mingu (5/2).

Menurut Subchan, peran mahasiswa pada pemilihan umum diperlukan untuk mengedukasi masyarakat dalam menyukseskan pemilu sekaligus mengamalkan Tri Dharma Perguran Tinggi. Mahasiswa yang sudah berumur di 25 tahun keatas dapat berperan sebagai penyelenggara pemilu baik itu di level PPK, PPS maupun KPPS. Sedangkan yang belum berumur 25 tahun dapat menjadi pemilih yang cerdas saat pemilihan.

“Partisipasi mahasiswa dalam pemilu tidak hanya sekedar coblos menyoblos, bagi yang sudah berumur 25 tahun dapat mendaftarkan diri sebagai penyelenggara pemilu. Selain itu, pengalaman yang dimiliki sebagai penyelenggara dapat digunakan untuk mendaftar sebagai komisioner KPU Jepara,” ujar Subchan.

Lebih lanjut, saat berdiskusi dengan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Subchan menyampaikan bahwa mahasiswa harus berani tolak politik uang dan menyampaikan edukasi pada masyarkat bahaya dari money politik serta tidak menyebarkan berita-berita yang bersifat hoax atau bohong.

“Mahasiswa harus berani menolak money politik. Kalau tidak berani bersosialisasi dengan masyarakat, minimal mengawali dari diri sendiri untuk tidak menerima amplop (politik uang) saat pemilu,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Komisioner KPU Jepara Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik, Koko Suhendra menyampaikan sosialisasi pada Pengurus Daerah Aisyah saat bersosialisasi di Rumah Sakit Aisyah (RSA) Siti Khotidjah Minggu, (5/2). Dengan menyampaikan bahwa Aisyah mewujudkan situasi yang kondusif dalam pemilihan umum Bupati Jepara.

“Saya kira Aisyah sudah punya gerakan moral pasti, gerakan moral yang bagus. Ini adalah salah satu tugas dari panjenengan (anda-red) semua untuk mewujudkan situasi yang kondusif jadi tidak terpangaruh sana ataupun sini,” kata Koko Suhendro. (Hupmas KPU Jepara)

Back to top button
Close