Berita

KPU Jepara Berkoordinasi Sukseskan Pilbup 2017

rakor-persiapan

JEPARA – Semakin dekatnya perhelatan pesta demokrasi di Kabupaten Jepara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara Kamis (2/2) menggelar Rapat Koordinasi persiapan pemungutan dan penghitungan suara di Aula KPU Jepara. Rapat koordinasi dihadiri perwakilan Kodim 0719 Jepara, Polres, Kasbangpol, Kejaksaan Negeri, Panwas, Satpol PP, Disdupcapil Desk Pilbup Jepara dan Tata Pemerintahan Kabupaten Jepara menjadi bagian untuk menyukseskan Pilbup, 15 Februari 2017.

Dalam rakor itu, komisioner KPU Jepara secara bergantian memaparkan kesiapannya menjelang pelaksanaan pemungutan suara. Mulai dari data pemilih tetap (DPT) yang masih terus dalam pencermatan untuk mencoret nama-nama yang tidak lagiu memenuhi syarat, persiapan pengiriman logistic sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), kesiapan pelaksanaan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil perolehan suara, sampai pada tahapan sosialisasi dan kampanye yang masih berjalan.

etua KPU Jepara M Haidar Fitri yang memimpin rakor menyampaikan bahwa secara umum KPU sudah menyiapkan semua kebutuhan pemungutan suara, 15 Februari mendatang. “Namun kami tetap meminta masukan dan saran kepada stake holder agar pelaksanaan pemungutan suara Pilbup 2017 ini berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara, Anik Sholihatun memaparkan terkait kondisi DPT yang paska ditetapkannya pada 6 Desember 2016 lalu sampai sekarang sudah dilakukan pencermatan lagi. KPU Jepara, lanjutnya juga telah menerima rekomendasi dari Panwaslih terkait DPT yang telah ditetapkan, dan KPU sudah menindaklanjutinya.

“Bagi nama-nama yang sudah tidak lagi memenuhi syarat karena meninggal dunia atau pindah domisili, KPU akan mencoretnya dari DPT dan tidak akan membagikan formulir C.6 atau formulir pemberitahuan,” terangnya.

Selain itu, KPU Jepara juga akan melakukan pendataan pemilih yang pada hari H pemungutan suara berada di rumah sakit, puskesmas atau tempat rawat inap lainnya. KPU akan memfasilitas pengunaan hak suara bagi pasien rawat inap dengan didatangi oleh petugas KPSS dari TPS terdekat.

Sementara Divisi Logistik KPU Jepara Koko Suhendro menyampaikan bahwa pengelolaan logistik pikbup 2017 sudah berjalan lancar. Bahkan, untuk logistic di Kecamatan Karimunjawa sudah berhasil dikirim menggunakan KPM Siginjai pada Rabu (1/2) lalu. (Hupmas KPU Jepara)

Back to top button
Close