Berita

KPU Jepara Gelar Bimtek dan Sosialisasi PPWP di Karimunjawa

Anggota KPU Jepara Andi Rokhmat menyampaikan materi Bimtek di hadapan anggota PPK dan PSS di Kecamatan Karimunjawa
Anggota KPU Jepara Andi Rokhmat menyampaikan materi Bimtek di hadapan anggota PPK dan PSS di Kecamatan Karimunjawa

KARIMUNJAWA – Jelang pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), Sabtu (21/6/2014) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menggelar bimbingan teknis (bimtek) pemungutan dan penghitungan suara serta sosialisasi di wilayah Kecamatan Karimunjawa. Bimtek dan sosialisasi ini dikhususkan bagi penyelenggara di wilayah kecamatan yang dipisahkan lautan sekitar 5 mil dari Kabupaten Jepara ini.

Bimtek dan sosialisasi PPWP diikuti peserta dari anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karimunjawa dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kecamatan Karimunjawa. Bimtek pemungutan dan penghitungan suara diisi anggota KPU Jepara Divisi Pemungutan, Penghitungan Suara dan Badan Penyelenggara Andi Rokhmat, sedangkan sosialisasi PPWP diisi anggota KPU Jepara Divisi Sosialisasi, Peningkatan SDM, Data dan Informasi Subchan Zuhri.

Andi Rokhmat menyampaikan, bimtek pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden ini khusus disampaikan kepada penyelenggara pemilu di wilayah Kecamatan Karimunjawa, sebab para penyelenggara di wilayah kepulauan ini tidak memungkinkan untuk mengikuti bimtek di Jepara. “Untuk penyelenggara di wilayah kecamatan lain yang ada di Jepara, bimtek sudah berjalan lancar, namun untuk wilayah Karimunjawa ini KPU perlu khusus datang untuk menyelenggarakan bimtek,” ujarnya.

Dengan dilakukannya bimtek bagi penyelenggara pemilu di Kecamatan Karimunjawa ini diharapkan pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli mendatang akan berjalan lancar sesuai prosedur yang diatur dalam undang-undang mapupun peraturan KPU.

Sementara, Subchan Zuhri mengatakan, sosialisasi PPWP di Kecamatan Karimunjawa memang tidak bisa dilakukan seperti di kecamatan lain. Keterbatasan transportasi dan komunikasi membuat wilayah Karimunjawa perlu perlakuan khusus.

Dalam sosialisasi ini KPU Jepara juga membagikan lima spanduk sosialisasi kepada PPS dan PPK untuk dipasang di empat desa dan di kecamatan. “Saya berharap, tingkat partisipasi masarakat pada pemilu Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli mendatang akan lebih baik dibanding pemilu DPR, DPD dan DPRD lalu. Karimunjawa mencatat partisipasi pemilih pada pemilu legislatif lalu 71,4 persen,” terangnya.

Ketua PPK Karimunjawa Edy Sudaryanto menyambut baik kegiatan bimtek dan sosialisasi dari KPU Jepara. Diharapkan kunjungan KPU Jepara ke Kecamatan Karimunjawa ini akan menambah semangan para penyelenggara baik PPK, PPS dan KPPS dalam menyelenggarakan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. (**)

Anggota PPS Kemujan dan Parang Membentangkan spanduk sosialisasi PPWP
Anggota PPS Kemujan dan Parang Membentangkan spanduk sosialisasi PPWP

Tinggalkan Balasan

Back to top button