Berita

KPU Jepara Gelar Diseminasi Hasil Pilkada

Nur Hidayat Sardini (dua dari kiri) menyampaikan materi di hadapan sekitar 100 undangan dalam acara Diseminasi Hasil-Hasil Pilbup Jepara 2017, Selasa (20/6/2017)
Nur Hidayat Sardini (dua dari kiri) menyampaikan materi di hadapan sekitar 100 undangan dalam acara Diseminasi Hasil-Hasil Pilbup Jepara 2017, Selasa (20/6/2017)

 

JEPARA – Seluruh tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2017 telah tuntas dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara. Sebagai pemungkasnya, KPU Jepara Selasa (20/6) menggelar diseminasi hasil-hasil Pilbup.

Diseminasi hasil Pilbup Jepara 2017 digelar di Rumah Makan Maribu Jepara dengan menghadirkan tiga narasumber sekaligus. Pertama dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Univeristas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara, kemudian anggota DKPP periode 2012-2017 Dr. Nur Hidayat Sardini, S.Sos, MSi, dan Ketua KPU Jawa Tengah Drs. Joko Purnomo.

Narasumber dari LPPM UNISNU yang diwakili Ahmad Syaifuddin, MSI dihadirkan untuk mempresentasikan hasil riset terkait kebijakan pembagian dan pengembalian formulir C6-KWK pada Pilbup Jepara 2017. Hasil riset itu merupakan kerjasama KPU Jepara dengan LPPM UNISNU dalam rangka mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan seorang pemilih masuk varian pemilih tidak dikenal dalam data rekapitulasi pengembalian C6-KWK.

Riset juga bertujuan untuk menyempurnakan format administrasi pengembalian formulir C6-KWK sebagai alat kontrol yang kredibel. Riset dari LPPM UNINSU itu juga menemukan format alternatif pengukuran tingkat partisipasi pemilih dengan adanya pengembalian formulir C6-KWK. Yang semula partisipasi pemilih mencapai 74 persen, setelah diukur dari data yang dikurangi formulir C6-KWK yang dikembalikan menjadi 79 persen.

Sementara itu, Dr. Nur Hidayat Sardini, S.Sos, M.Si hadir untuk menyampaikan materi dengan tema “Integritas, Netralitas dan Profesionalime Kunci Sukses Pilkada”. Menurutnya penyelenggara pemilu wajib menjaga tiga hal itu untuk dapat menyelenggarakan pemilu yang berintegritas.

“Penyelenggara pemilu wajib menguasai regulasi pemilu dan menjaga kode etik. Saya percaya KPU Jepara sudah baik dalam menyelenggarakan pilkada meskipun juga sempat diadukan ke DKPP,” kata NHS, panggilan dari Nur Hidayat Sardini.

Adapun Drs. Joko Purnomo hadir mewakili Ida Budhiati, SH, MH yang sebelumnya bersedia hadir untuk menyampaikan materi “Dinamika Pencalonan pada Pilkada 2017”. Ida Budhiati yang merupakan komisioner KPU RI 2012-2017 batal hadir ke Jepara karena ada rapat pleno sebagai anggota DKPP 2017-2022.

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menyampaikan, tahapan penyelenggaraan Pilbup Jepara 2017 telah tuntas. Diseminasi ini menjadi kegiatan pemungkas untuk mengakhiri tahapan Pilbup.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pilbup sehingga berjalan lancar, aman, berbudaya, damai dan berintegritas. (Hupmas KPU Jepara)

diseminasi-pilbup-jepara-1

 

Back to top button