Berita

KPU Jepara Hadiri Debat Kandidat dalam Pilkatos di SMAN 1 Bangsri

img-20170823-wa0026

Jum’at, tanggal 19 Agustus 2017 SMA Negeri 1 Bangsri melaksanakan debat kandidat calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah di Aula SMA tersebut. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari tahapan pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS (Pilkatos) serentak yang keempat di Kabupaten Jepara. Pilkatos serentak ini merupakan upaya bersama antara KPU Kabupaten Jepara, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara.

Debat kandidat diikuti oleh empat calon ketua OSIS mulai nomor urut satu sampai empat, yaitu M. Ilham Pratama, Filiyah Chandra, Damar Putra Kapisan dan Hayu Latifah Aini. Masing-masing calon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi, misi dan program-program yang akan dilaksanakan ketika terpilih serta diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para panelis yang terdiri dari Ibu Dra. Sri Suharti (Waka Kesiswaan SMAN 1 Bangsri), Bapak Ruyanto, S.Pd. (Pembina OSIS SMAN 1 Bangsri) dan M. Haidar Fitri Ketua KPU Kabupaten Jepara.

Dalam sambutannya M. Haidar mengapresiasi terhadap jajaran struktural SMAN 1 Bangsri maupun panitia Pilkatosnya yang telah berperan serta dalam menumbuhkembangkan proses demokrasi khususnya dalam memilih pemimpin dengan melibatkan semua anggota OSIS di SMAN 1 Bangsri. Lebih lanjut, M. Haidar juga menegaskan bahwa, kegiatan semacam ini memang sangat penting untuk dilaksanakan oleh generasi-generasi penerus bangsa sejak dini. Kegiatan ini juga bisa menjadi bekal bagi peserta didik yang pada akhirnya akan menjadi pemilih dalam setiap pemilu atau pemilihan di negara ini. Berlatih memilih calon yang terbaik berdasarkan visi, misi dan program-program merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pemilu maupun pemilihan dalam rangka memilih pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Secara khusus, Ketua KPU Kabupaten Jepara juga sangat mengapresiasi terhadap sivitas SMAN 1 Bangsri yang telah melaksanakan Pilkatos dengan melibatkan semua siswanya semenjak Pilkatos serentak di Kabupaten Jepara digelar empat tahun yang lalu. Di akhir sambutannya, ketua KPU Kabupaten Jepara juga berharap seluruh sivitas sekolah-sekolah di tingkat lanjutan atas untuk selalu bersedia melakukan pembinaan kepada seluruh peserta didiknya terkait dengan penguatan proses demokrasi, tidak hanya dalam bentuk teori, akan tetapi dengan praktek semacam Pilkatos akan semakin mengena dan tertanam di dalam diri para peserta didik tentang bagaimana berkompetisi secara fair dan bagaimana menjadi pemilih yang cerdas.

 

Back to top button