Berita

KPU JEPARA PERSIAPKAN PENDAFTARAN PESERTA PEMILU 2019

Komisioner KPU Jepara dan jajaran sekretariat mengeglar rapat persiapan pelaksanaan tahapan Pemilu.
RAPAT PERSIAPAN – Komisioner KPU Jepara dan jajaran sekretariat menggelar rapat persiapan pelaksanaan tahapan Pemilu.

Meski Pemilihan Umum untuk memilih Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 masih sekitar 18 bulan lagi, namun tahapan menuju Pemilu serentak 2019 sudah dimulai. Mulai 3 sampai 16 Oktober 2017, Partai Politik (Parpol) harus mendaftar ke KPU jika berharap menjadi peserta Pemilu 2019.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 secara jelas mengatur bahwa yang berwenang dan berkewajiban melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu kepada KPU RI adalah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) setiap Parpol. Miskipun pendafataran dilaksanakan di pusat, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD juga mewajibkan kepada pengurus Parpol di tingkat kabupaten/kota untuk menyerahkan beberapa dokumen kepada KPU Kabupaten/Kota sebagai satu kesatuan dengan proses yang dilaksanakan di pusat.

Di antara dokumen yang harus diserahkan oleh pengurus di tingkat kabupaten adalah daftar nama-nama anggota Parpol. Sesuai ketentuan, parpol harus menyerahkan paling sedikit 1000 (seribu) atau 1/1000 (seper seribu) dari jumlah penduduk di kabupaten setempat dengan dibuktikan, foto kopi kartu tanda anggota (KTA) Parpol dan KTP Elektronik atau Surat Keterangan dari Disdukcapil Kabupaten sebagai pengganti KTP Elektronik.

Ketua KPU Kabupaten Jepara M Haidar Fitri menjelaskan, daftar nama-nama anggota PArpol yang diserahkan ke KPU Kabupaten tersebut harus sama dengan nama-nama anggota yang telah diinput ke dalam apikasi  Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) oleh DPP Parpol. Adapun foto kopi KTA dan KTP Elektronik harus ditata secara urut dan rapi sesuai dengan urutan daftar nama-nama anggota parpol untuk setiap desa/kelurahan dalam satu kecamatan.

Perlu diketahui, KPU RI telah melaksanakan sosialisasi maupun bimbingan teknis sebanyak tiga kali kepada DPP Parpol yang telah terdaftar pada Kemenkumham dengan harapan bahwa pengurus DPP juga menyampaikannya kepada jajaran kepengurusan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Dalam rangka memantapkan dan menyukseskan tahapan pendaftaran peserta Pemilu 2019, KPU Kabupaten Jepara akan melaksanakan sosialisasi PKPU Nomor 11 Tahun 2017 yang merupakan petunjuk teknis pendaftaran terkait dengan hal-hal yang harus dilakukan oleh pengurus parpol di tingkat Kabupaten Jepara.

Terkait dengan kegiatan tersebut Haidar menjelaskan, bahwa semua Parpol di Kabupaten Jepara yang DPP nya telah ditetapkan oleh Kemenkumham sebagai Partai Politik diminta untuk mengirimkan dua peserta yang terdiri dari satu orang ketua dan satu orang yang akan menjadi penghubung yang berasal dari jajaran ketua atau sekretaris.

“Kegiatan (Sosialisasi PKPU No 11/2017) tersebut akan dilaksanakan di Hotel D’Season Pantai Bandengan pada Senin, 2 Oktober 2017 mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai,” katanya.

Haidar menambahkan, penyerahan dokumen pendaftaran di tingkat daerah dimaksudkan untuk mempermudah dan mengefisiensikan proses verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual yang harus dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota sebagaimana ketentuan perundang-undangan.

Dikataian, seluruh Parpol di tingkat Kabupaten Jepara yang mengikuti kegiatan sosialisasi di atas diminta juga membawa salinan surat keputusan (SK) kepengurusan terbaru. (Hupmas KPU Jepara)

 

Back to top button