BeritaPilgub 2018

KPU Jepara Sampaikan Hasil Coklit Sepuluh Hari Pertama

penyampaian-coklit-10-hari-1
Jepara, Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara gelar rapat koordinasi dalam rangka menyampaikan data hasil pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih 10 hari pertama, Jum’at (2/2/2018). Rapat koordinasi tersebut dihadiri Panwas Kabupaten Jepara, Polres Jepara, Kodim, Disdukcapil, Badan Pusat Statistik, RSUD Kartini, Rutan Jepara, Disdikpora, Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja, dan perwakilan dari Partai Politik di kantor KPU Jepara.
Komisioner KPU Jepara, Anik Sholihatun S.Ag. M.Pd menyampaikan, pada 10 hari pertama coklit, KPU telah mencoklit 325.778 dari 854.361 pemilih atau setara dengan 40 persen dari jumlah pemilih yang ada di Jepara.
“Hasil ini sesuai dengan target KPU yang sejak awal menetapkan hasil coklit dengan komposisi 10 hari pertama sebanyak 40 persen, sepuluh hari ke dua 40% dan di hari ketiga 20 persen” tambahnya.
Anik menyampaikan sejauh ini KPU telah mencoret 12.181 pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS), di antaranya pemilih meninggal dunia 4.465 jiwa, pemilih pindah domisili 4.239, pemilih ganda 1.942, tidak dikenal 1.228, di bawah umur 158, bukan penduduk 106, anggota TNI 27, anggota POLRI 16 orang. “Jumlah ini akan terus bertambah, mengingat ini baru laporan sepuluh hari pertama” ungkapnya.
Anik meneruskan, terdapat 5.093 pemilih berkode 11, yaitu pemilih memenuhi syarat namun belum memiliki KTP elektronik atau surat keterangan Disdukcapil., Dan pemilih yang belum dipastikan memiliki KTP El atau Suket Disdukcapil sebanyak 1.429 orang, dan ditandai dengan kode 12. Terhadap pemilih ini, ada kebutuhan untuk menerbitkan surat keterangan apabila nama nama tersebut terdapat dalam data base kependudukan dan kebutuhan untuk mendorong melakukan perekaman KTP Elektronik jika ditemukan di data base kependudukan.
Gerakan KPU mencoklit ini telah dilakukan serentak pada Sabtu (20/1/18) lalu, dengan pasukan yang turun sebanyak 2.513 personil, terdiri dari KPU, PPK, PPS, dan PPDP menghasilkan tak kurang dari 10.301 rumah terkunjungi, 11.125 Kepala Keluarga (KK) pada hari itu.
Di sepuluh hari selanjutnya, selain melanjutkan kegiatan coklit ke masyarakat, KPU akan mengagendakan proses coklit di tempat tempat khusus, seperti coklit warga binaan (Lembaga Pemasyarakatan), Pondok Pesantren, Rusunawa, Panti Sosial (asuhan, panti jompo, dsb), dan tempat tempat hunian lainnya. KPU telah menerima daftar penghuni lapas Kabupaten Jepara, yakni sebanyak 190 orang. “Target kami sepuluh hari selanjutnya 80% pemilih tuntas tercoklit” paparnya.
KPU berharap, mendapat dukungan dan kerja sama dengan Parpol, Panwas, Disdukcapil, Pemerintah, dan dinas terkait lainnya, untuk bersama sama mengawal coklit yang masih berjalan, sehingga menghasilkan data yang benar benar valid dan merata.“Kami akan buka informasi laporan coklit per sepuluh hari, dengan temuan ini, silahkan dikroscek teman teman yang lain. Dengan forum ini kami mengharapkan pihak pihak terkait dapat mendorong terpenuhinya kebutuhan kebutuhan seperti memahami, koordinasi, dan kerjasama. Dapat mencari formula yang baik dalam rangka mengantisipasi dan mengatasi permasalahan, demi menghasilkan data pemilih yang akurat, dan daftar pemilih yang berkualitas” tandasnya. (F2@/hupmas KPU Jepara).

penyampaian-coklit-10-hari-2-1

Back to top button
Close