Berita

KPU Jepara Serahkan APK Calon Anggota DPD

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri menyampaikan materi terkait ketentuan-ketentuan kampanye dalam Pemilu 2019 kepada perwakilan calon anggota DPD, Selasa (13/11/2018)
Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri menyampaikan materi terkait ketentuan-ketentuan kampanye dalam Pemilu 2019 kepada perwakilan calon anggota DPD, Selasa (13/11/2018).

KPUJepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara serahkan spanduk alat peraga kampanye (APK) kepada calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Jawa Tengah, Selasa (13/11). Spanduk APK diserahkan kepada perwakilan calon DPD di tingkat Kabupaten Jepara.

Hadir dalam penyerahan APK kepada perwakilan calon anggota DPD anggota Bawaslu Jepara Abd. Kalim, dari perwakilan Polres Jepara, Kejaksaan Negeri Jepara, dan Satpol PP Jepara. Sedangkan dari perwakilan calon anggota DPD yang hadir 10 orang dari 20 calon anggota DPD. Bagi calon anggota DPD yang belum hadir, dapat mengambil APK di kantor KPU Jepara.

Sebelum APK disersahkan kepada perwakilan calon anggota DPD, Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri menyampaikan bahwa APK yang difasilitasi oleh KPU ini harus dipasang ditempat yang telah ditentukan. “KPU Jepara sudah menetapkan lokasi pemasangan APK yang difasilitasi KPU di tiap-tiap kecamatan. Silakan APK yang hari ini kami serahkan untuk dapat segera dipasang,” katanya.

Disampaikan pula, bahwa tahapan kampanye pemilu 2019 ini sudah berjalan sejak 23 September lalu dan akan berakhir pada 13 April 2019. ‘Masih ada banyak waktu untuk berkampanye. Kampanye dapat dilakukan dengan berbagai metode, bukan hanya dengan pemasangan APK,” tambahnya.

Terkait dengan APK yang difasilitasi KPU untuk calon anggota DPD di tingkat kabupaten ini, masing-masing calon anggota DPD mendapat 10 buah spanduk. KPU mencetak spanduk sesuai dengan desain yang dibuat masing-masing calon anggota DPD.

Subchan menambahkan, untuk pemasangan APK yang telah diserahkan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon anggota DPD. “Begitu pula setelah dipasang, perawatan, pembersihan dan pencabutan menjadi tanggung jawab peserrta pemilu. Dan apabila setelah dipasang APK ada yang rusak atau hilang, peserta pemilu dapat mengganti dengan jenis, ukuran dan desain yang sama dan dipasang dilokasi semula.

Selain difasilitasi KPU, peserta pemilu juga dapat menambah pemasangan APK. Subchan menjelaskan tambahan APK bagi peserta pemilu ini dibatasi jumlahnya. Untuk baliho dengan ukuran maksimal 4 x 7 meter sebanyak 5 buah di tiap desa/kelurahan. Sedangkan untuk spanduk dengan ukuran maksimal 1,5 x 7 meter paling banyak 10 buah di tiap desa/kelurahan. Peserta pemilu juga dapat membuat video tron atau billboard dengan jumlah maksimal 2 buah di satu kabupaten/kota. (sz/kpujepara)

Berikut daftar calon anggota DPD Dapil Jawa Tengah

 

Back to top button
Close