Berita

KPU Jepara Terima Dana Hibah Pilbup Rp. 25,5 Miliar

IMG_5753

JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara secara resmi menyediakan anggaran penyelengaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) tahun 2017 untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara sebesar Rp.25.535.232.000. Kepastian anggaran Pilbup untuk KPU Jepara itu tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang telah ditandatangani bersama pada Jumat (22//2016) antara pihak Pemkab selaku pemberi hibah dan KPU Jepara selaku pihak penerima hibah.

Prosesi penandatanganan NPHD dipimpin oleh Wakil Bupati Jepara, Subroto dan disaksikan jajaran komisioner KPU serta sejumlah kepala satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) di lingkungan Setda Jepara.

Anggaran Pilbup untuk KPU Jepara sebesar Rp. 25,5 miliar itu akan dicairkan oleh Pemkab .Jepara dalam tiga tahap. Tahap pertama sebesar Rp. 10 miliar telah diangarkan dalam APBD 2016, Kemudian tahap kedua akan dianggarkan Rp. 6 miliar pada perubahan APBD 2016. Dan sisanya, Rp. 9,5 miliar akan dianggarkan pada APBD 2017.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Jepara, Subroto yang mewakili Bupati Ahmad Marzuqi karena ada kegiatan penting lainnya, menyampaikan bahwa dengan telah ditandatanganinya NPHD tersebut, diharapkan KPU Jepara dapat segera menjalankan tahapan Pilbup.

Anggaran yang besar, menurut Subroto diharapkan dapat menghasilkan pemimpin (bupati dan wakil bupati) yang berkualitas. “Semoga penyelenggaraan Pilbup 2017 ini dapat berjalan lancar, dan aman,” tambahnya.

Sementara, Ketua KPU Jepara M. Haidar Fitri mengatakan penandatangan NPHD itu merupakan salah satu perjanjian yang sangat penting. Apalagi KPU pusat telah resmi melaunching tahapan Pilkada serentak. Haidar juga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya baik komisioner maupun sekretariat untuk dapat bekerja secara maksimal dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilbup Jepara 2017.

KPU Jepara, lanjutnya, akan menggunakan anggaran yang telah dihibahkan Pemkab Jepara sebesar Rp 25,5 miliar itu secara transparan dan accountable. “Kami juga berharap Pemkab selalu memberikan masukan agar kami menyelenggarakan seluruh tahapan Pilbup 2017 ini dan mendapatkan hasil yang sesuai harapan bersama,” tambahnya. Saat ini Pilbup 2017 telah memasuki tahapan perencanaan sebagaimana jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan di dalam Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2016.

KPU Jepara sendiri saat ini juga tengah menggelar Lomba Citpa Design Logo, Maskot dan Jingle Pilbup 2017. (hupmas) 

 

IMG_5760

IMG_5773

Tinggalkan Balasan

Back to top button