Berita

KPU Jepara Tetapkan DPT Pilbup 858.958

img_7906

JEPARA – Rapat Pleno Terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Selasa (6/12), menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) tahun 2017 sejumlah 858.958. Rapat pleno berjalan lancar dalam waktu sekitar dua setengah jam, dimulai pukul 19.30 hingga pukul 22.00.

Rapat Pleno dipimpin Ketua KPU Jepara Muhammad Haidar Fitri bersama empat komisioner lain juga dihadiri ketua dan divisi pemutakhiran data pemilih dari 16 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hadir dalam penetapan DPT tersebut ketua Panwaslih Arifin bersama dua anggota lainnya, perwakilan dari kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati, serta undangan dari forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopinda).

Jumlah DPT sebanyak 858.958 terdiri dari 428.098 pemilih laki-laki dan 430.860 pemilih perempuan. Dalam rapat pleno tersebut, KPU Jepara juga harus mengeluarkan sebanyak 831 pemilih dari DPT karena yang bersangkutan belum tercatat dalam data base Disdukcapil Jepara.

“Berdasarkan hasil pencermatan PPK dan PPS, masih menyisakan 831 pemilih yang memang belum tercatat dalam data base Disdukcapil,” kata Haidar. Sehingga, KPU terpaksa tidak mamsukkan dalam DPT, karena syarat sebagai pemilih harus berKTP elektronik atau mempunyai surat keterangan dari Disdukcapil. Sementara Disdukcapil hanya dapat mengeluarkan surat keterangan bagi penduduk Jepara yang sudah tercatat dalam data base.

Kepada 831 warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum tercatat dalam data base Disdukcapil tersebut, KPU akan menyampaikan nama-namanya kepada pemerintah daerah, Panwaslih, maupun perwakilan pasangan calon agar dapat bersama-sama mendorong kepada yang bersangkutan agar segera melakukan perekaman data kependudukan ke Disdukcapil.

Jika warga yang 831 tersebut telah melakukan perekaman data kependudukan, maka akan memperoleh KTP Elektronik atau Surat Keterangan Disdukcapil. KTP Elektronik atau Surat Ketarangan tersebut dapat digunakan sebagai syarat menggunakan hak pilih pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang.

Selain itu, KPU Jepara juga mencatat ada 422 pemilih dengan kategori pemilih disabilitas. Jumlah pemilih disabilitas itu terdiri dari tunadaksa 102, tunanetra 68, tunarungu/wicara 47, tunagrahita 84 dan disabilitas lainnya ada 121 pemilih. Kepada pemilih disabilitas itu, KPU akan memfasilitasi sebaik mungkin pada saat hari H pemungutan suara tanggal 15 Februari 2017.

Seuai Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara 2017, nama-nama yang telah ditetapkan dalam DPT ini akan diumumkan oleh KPU melalui PPS se Kabupaten Jepara mulai 17 Desember 2016 sampai 15 Februari 2017. (Hupmas KPU Jepara)

 

Back to top button
Close