Berita

KPU Jepara Titipkan Dokumen Pemilu ke Kantor Arsip Daerah

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menyerahkan secara simbolis dokumen pemilu ke Kepala Kantor Arsip Daerah
Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menyerahkan secara simbolis dokumen pemilu ke Kepala Kantor Arsip Daerah

JEPARA – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jepara kembali bekerjasama dengan Kantor Arsip Daerah Kabupaten Jepara dalam hal penyimpanan dokumen penting.  Kal ini, dokumen yang disimpan di Kantor Arsip Daeah adalah dokumen pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014, Pemilu Gunernur Jawa Tengah tahun 2013, serta dokumen Pemilu Bupati Jepara tahun 2012.

Penyerahan secara simbolis dan penandatanganan berita acara serah terima dokumen pemilu ini dilaksanakan di aula KPU Kabupaten Jepara, Rabu 4 Februari 2015. Penandatanganan berita acara dan serah terima dokumen pemilu tersebut dilakukan oleh Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri, SH dengan Kepala Kantor Arsip Daerah Kabupaten Jepara Norkowan, S.Sos. MM disaksikan para anggota komisioner lainnya dan para undangan dari Kodim 0719, Polres Jepara, Bakesbangpol, Bag Tata Pemerintahan Kabupaten Jepara dan sejumlah wartawan.

Dokumen pemilu yang diserahkan oleh KPU Jepara kepada Kantor Arsip Daerah tersebut sejumlah 112 buku yang terdiri dari Formulir Model C, C1 dan lampiran C1 berhologram Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014, Formulir Model C, C1 dan lampiran C1 berhologram Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014, Formulir model C, C1 dan lampiran C1 asli pada pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2013, Firmulir model C, C1 dan lampiran C1 asli pada pemilu Bupati dan Wakil Bupati Jepara tahun 2012. Ada juga dokumen pemilu berupa buku laporan kegiatan pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014, Buku laporan kegiatan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden  tahun 2014, dan Buku Profil Anggota DPRD Jepara periode 2014-2019.

“Dokumen ini merupakan arsip penting yang kami harapkan dapat tersimpan dengan aman di Kantor Arsip Daerah dan dapat digunakan di masa-masa mendatang,” kata M Haidar Fitri. Dia mengatakan, dokumen pemilu ini ada yang bersifat statis dan ada yang bersifat dinamis.

Kepala Kantor Arsip Daerah Kabupaten Jepara Norkowan mengungkapkan apreisiasinya atas kerjasama yang terus dilakukan dengan KPU ini. Dia mengatakan kerjasama ini diharapkan akan terus berlanjut, dan dapat menginspirasi dinas atau instansi lain di Jepara untuk melakukan hal serupa.

“Kami sangat apresiasi terhadap KPU Jepara. Meskipun KPU adalah lembaga vertikal, namun justru sudah lama mempercayakan kepada kami untuk penyimpanan dokumen penting. Semoga ini menjadi pelecut untuk instansi lain yang ada di kabupaten Jepara. Saat ini, lanjutnya, Kantor Arsip Daerah tengah merencanakan melakukan pengembangan depo arsip. Sebab depo arsip yang dimiliki saat ini sangat terbatas dan tidak mencukupi untuk menyimpan dokumen yang sangat banyak. (**)

Tinggalkan Balasan

Back to top button