Berita

KPU Jepara Turut Meriahkan Karnaval HUT RI Ke 71

IMG_2693
JEPARA – Boneka Si Abdi yang menjadi maskot pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara tahun 2017 turut mewarnai kemeriahan karnaval peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 di Jepara, Kamis (18/8). Dua boneka besar Si Abdi itu dibawa kontingen dari KPU Kabupaten Jepara yang turut ambil bagian dalam karnaval keliling kota.

KPU Jepara melibatkan sekitar 40 personel dalam keikutsertaannya pada karnaval tersebut. Personel yang ikut selain dari KPU Jepara juga melibatkan partisipasi dari siswa-siswi dari SMKN 3 Jepara yang tergabung dalam teater Bosas.

Keikutsertaannya KPU Jepara dalam karnaval peringatan HUT RI ke 71 tahun ini dalam rangka meningkatkan kegiatan sosialisasi Pilbup Jepara 2017. “Momentum karnaval HUT RI seperti ini sangat strategis untuk dijadikan ajang sosialisasi. Ada ribuan warga yang turut menyaksikan jalannya karnaval, sehingga KPU bisa menyampaikan pesan langsung kepada masyarakat secara efektif,” kata Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri.

Dalam karnaval itu, kontingen dari KPU Jepara mengusung konsep manusia kotak suara yang dibuat dari bahan daur ulang. Kotak suara yang dipakai oleh sejumlah personel bertuliskan kalimat sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat. Di antaranya ajakan untuk menggunakan hak pilih pada Pilbup, 15 Februari 2017, Larangan Politik Uang, ajakan untuk memilih pemimpin yang amanah dan sebagainya.

Secara keseluruhan, kontingen dari KPU jepara dibagi dalam beberapa peran. Di barisan terdepan ada yang membawa spanduk bertuliskan Plbup Berintegritas untuk Masa Depan Jepara. Di belakangnya ada petugas yang membawa foto Presiden RI, Wakil Presiden RI dan replica Garuda Pancasila.

Di belakangnya lagi dengan baju putih-putih membawa bendera merah putih disusul pembawa bendera partai politik peserta pemilu. Kemudian di belakangnya ada manusia kotak suara.

Ada juga yang bertugas membawa pengeras suara untuk menyampaikan pesan-pesan sosialisasi kepada masyarakat. Di belakangnya ada replika Maskot Pilbup Jepara 2017 berukuran jumbo. Dan kemudian di barisan paling belakang gambaran sejumlah profesi masyarakat, mulai dari PNS, pelajar, dokter, petani, nelayan, dan lainnya.

Sepanjang jalan yang dipadati ribuan warga Jepara, rombongan dari KPU juga membagikan sejumlah bahan sosialisasi. Di antaranya ballpoint dan gantungan kunci yang bertuliskan hari dan tanggal pemungutan suara Pilbup Jepara 2017. (Hupmas KPU Jepara)

IMG_2632

IMG_2689

IMG_2595

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close