Berita

KPU Kabupaten Jepara Plenokan Daftar Pemilih Berkelanjutan

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menggelar rapat pleno untuk menetapkan daftar pemilih (DPT) berkelanjutan 2020 pada Jumat (27/3). Berdasarkan pleno tersebut, ditetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan per 27 Maret 2020 untuk Kabupaten Jepara adalah 873.802 pemilih. Jumlah tersebut terdiri atas pemilih laki-laki 436.207 dan pemilih perempuan 437.595.

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Subchan Zuhri bersama empat komisioner lainnya, Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nurwakhidatun, dan Muhammadun. Selain itu juga dari tim sekretariat. Langkah pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut ditempuh mengacu pada Surat KPU RI Nomor 181/2020 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020 bertanggal 28 Februari lalu. Di antara isi surat dari KPU RI itu adalah pertama, KPU provinsi/KPI Aceh dan KPU/KIP kabupaten/kota yang tidak melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta bupati dan wakil bupati, dan /atau walikota dan wakil walikota tahun 2020, melakukan kegiatan pemutakhiran data pemilih secara berkala. Secara teknis, KPU kabupaten/kota melaporkan hasil pleno tersebut setiap bulan kepada KPU provinsi. Rapat pleno ini adalah yang pertama sejak surat dari KPU RI tersebut disampaikan. “April nanti kami juga akan menggelar rapat pleno lagi untuk menetapkan data pemilih berkelanjutan terbaru,” kata Subchan.

Berdasarkan rapat pleno ini, jumlah keseluruhan daftar pemilih berkelanjutan berkurang jika dibandingkan dengan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2019 lalu, yakni 876.490 pemilih. Data pemilih berkelanjutan yang baru ditetapkan tersebut mengacu di antaranya pada data baru pemilih yang meninggal dunia, ganda, pindah domisili, dan perubahan status TNI/Polri. Hasil-hasil dari rapat pleno tersebut disampaikan Muntoko, koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Jepara. (kpujepara)

Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan Maret 2020