Berita

KPU Kabupaten Jepara Sosialisasi SILON Kepada Parpol dan Masyarakat

IMG_1835

Dalam rangka menyempurnakan pengelolaan data base pencalonan dalam Pemilihan Gubernur danWakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, KPU RI membuat suatu aplikasi yang akan merekam data-data bakal pasangan calon (paslon) dalam penyelenggaraan Pilkada serentak gelombang kedua di Tahun 2017.

Aplikasi ini oleh KPU RI diberi nama Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Proses semacam ini juga sudah dilaksanakan pada saat Pilkada serentak gelombang pertama di Tahun 2015. Berkaitan data-data bakal pasangan calon tentu saja yang mengisi adalah dari pihak bakal pasangan calon tersebut. Apilikasi ini tentu saja tidak hanya untuk keperluan data base, akan tetapi juga sangat berharga bagi masyarakat untuk bisa memantau serta ruang partisipasi publik pada pelaksanaan tahapan pemilukada khususnya dalam tahapan
pencalonan.

Mengingat pentingya data pencalonan bagi masyarakat dan perlunya keakurasian pengisian data pencalonan oleh bakal pasangan calon, KPU Kabupaten Jepara pada hari Kamis, 21 Juli 2016, kemarin telah melaksanakan sosialisasi/bimtek terkait pelaksanaan aplikasi SILON kepada pengurus maupunpetugas IT dari seluruh parpol di tingkat Kabupaten Jepara sekaligus kepada para tokoh masyarakat maupun masyarakat di Jepara.

Khusus peserta yang berasal dari luar parpol, KPU Kabupaten Jeparabahkan telah membuat undangan yang bersifat terbuka kepada siapapun dari masyarakat Jepara yang berkenan bisa ikut hadir dalam acara tersebut. Undangan yang bersifat terbuka telah diumumkan di laman KPU Kabupaten Jepara maupun jejaring media sosial, terang MuhammadHaidar Fitri, Ketua KPU Kabupaten Jepara.

Kegiatan sosialisasi/bimtek Silon oleh KPU Kabupaten Jepara dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama mulai pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB diperuntukkan untuk pengurus dan tenaga operator IT parpol. Adapun tahap yang kedua dilaksanakan mulai pukul 14.00 sampai dengan 16.30 WIB untuk para tokoh masyarakat dan masyarakat secara terbuka.

Dalam bimtek tersebut para peserta ditunjukkan mengenai langkah-langkah teknis secara runtut mengenai bagaimana caranya mengupload data-data pasangan calon ke server SILON. Dalam sosialisasi kemarin server yang digunakan adalah server uji coba SILON, adapun server yang sebenarnya nanti baru bisa diakses bakal paslon setelah bakal paslon meminta dan menerima username dan password dari KPU Kabupaten Jepara terkait dengan Pilbup Jepara Tahun 2017.

Pada saat membuka acara tersebut Ketua KPU Kabupaten Jepara Muhammad Haidar Fitri juga menjelaskan bahwa, dalam rangka menyukseskan Pilbup Jepara Tahun 2017, khususnya di tahapan pencalonan KPU Kabupaten Jepara telah membuka layanan masyarakat terkait proses pencalonan setiap hari kerja di Kantor KPU Kabupaten Jepara

Peserta dari masyarakat umum

Dok : Peserta Dari Masyarakat umum

Peserta dari Parpol

Dok: Peserta Dari Partai Politik

IMG_1810

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close