Berita

KPU Komunikasikan Pemutakhiran Data Pemilih ke Media

Kpujepara.go.id – Usai pemilu 2019, KPU Kabupaten Jepara empat kali menggelar rapat pleno terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (DPB). Pleno itu dilakukan setiap bulan mulai Maret 2020. Pleno kelima akan digelar Selasa (28/7) dan dilakukan secara terbuka. Pemutakhiran data pemilih di luar tahapan pemilu dan pilkada yang dilakukan secara rutin tiap bulan itu oleh KPU dikomunikasikan dengan media massa yang ada di Jepara, Jumat (24/7) lalu.
Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Jepara Muhammadun mengatakan, media merupakan salah satu kanal representasi publik yang memegang peran penting di tengah masyarakat. Karena itu KPU tetap menggandeng media massa untuk kepentingan pemenuhan hak pilih warga, dengan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pendataan pemilih berkelanjutan ini. ‘Kami tentu mensosialisikannya melalui website dan akun media sosial resmi milik KPU. Namun di luar itu juga menyampaikannya ke masyarakat, salah satunya melalui media massa,’ kata Muhammadun dalam silaturahmi dengan seluruh perwakilan media massa yang ada di Jepara di aula KPU, Jumat lalu.
Silaturahmi dengan media itu dihadiri Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri. Hadir juga tiga komisioner lainnya, yaitu Muntoko, Ris Andi Kusuma dan Siti Nurwakhidatun serta tim sekretariat.
Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Jepara Muntoko, Senin (27/7) mengatakan rapat pleno Selasa (28/7) digelar terbuka dengan mengundang pihak-pihak terkait seperti Bawaslu, TNI/Polri, Pemkab, serta partai politik. Hal itu mengacu pada surat Ketua KPU RI Nomor 550/PL.02.1-SD/01/KPU/VII/2020 tanggal 10 Juli 2020 perihal Rapat Pleno dan Permintaan Data Pemilih Hasil Pemutakhiran Berkelanjutan Tahun 2020.
Muntoko menjelaskan, di empat rapat pleno sebelumnya masih dilakukan secara internal karena masa pandemi. Namun dengan mempertimbangkan surat Ketua KPU RI Nomor 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 tanggal 28 Februari 2020 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020, KPU Jepara tetap menyampaikan hasil pleno tersebut ke pihak-pihak terkait seperti Bawaslu dan partai politik dengan tetap terbuka terhadap masukan dan saran.
Muntoko menambahkan Partisipasi aktif masyarakat itu bisa dilakukan dengan datang langsung ke Kantor KPU Kabupaten Jepara atau setiap saat dapat menyampaikannya melalui https://bit.ly/updating_data_pemilih_jepara. Masyarakat juga dapat komunikasi secara langsung melalui WA 089518621015 dan nomor telepon (0291) 591043.
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jepara Budi Santoso dalam silaturahmi tersebut mengatakan, selama ini terjalin komunikasi antara wartawan dengan KPU, terutama dalam setiap tahapan pemilu dan pilkada. Di luar tahapan itu, KPU kini terus memutakhirkan data pemilih secara berkelanjutan. ‘Sebagai awak media, kami juga punya tanggung jawab dalam informasi-informasi, termasuk masalah data pemilih yang terus di-update dan butuh peran aktif banyak pihak ini,’ kata Budi Santoso. (kpujepara)