Berita

KPU Memproses Pengajuan PAW PPP

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara telah menindaklanjuti surat penggantian antarwaktu (PAW) dari DPRD Kabupaten Jepara bertanggal 9 September 2020 untuk anggota (ketua) DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Imam Zusdi Ghozali yang meninggal dunia pada 1 Agustus 2020.
KPU Kabupaten Jepara menggelar rapat pleno pada Kamis (10/9) yang dihadiri Ketua KPU Subchan Zuhri, dan tiga komisioner lainnya, Muntoko, Muhammadun, dan Siti Nurwakhidatun. Pleno juga dihadiri Sekretaris KPU Jepara Da’faf Ali serta para kasubag. Rapat pleno tersebut membahas tindak lanjut dari surat DPRD perihal PAW anggota DPRD dari PPP.
Pleno berlanjut pada Jumat (11/9) untuk membahas kelengkapan dokumen pendukung proses PAW. Ssesuai Surat Keputusan KPU Kabupaten Jepara Nomor 322/2019 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Jepara, yang mendapatkan peringkat suara sah terbanyak (sebagai pengganti antarwaktu) adalah Mohammad Adib. Namun karena lampiran berkas PAW yang dikirim ke KPU belum ada dokumen yang menunjukkan keanggotaan yang bersangkutan di PPP, maka KPU memverifikasinya ke DPC PPP dengan berkirim surat.
Pada Jumat (11/9), KPU mendapatkan balasan surat dari PPP yang menyatakan Mohammad Adib masih berstatus sebagai anggota PPP dan ditunjukkan dengan kartu anggota PPP. ‘Kami melakukan langkah verifikasi keanggotaan calon PAW ke partai politik mendasarkan pada Peraturan KPU Nomor 6/2019. Ini sebagai langkah kehati-hatian kami untuk memastikan calon PAW masih berstatus sebagai anggota partai politik yang terkait,’ kata Subchan.
Setelah Langkah verifikasi itu jelas KPU Kabupaten Jepara, lantas menyampaikan nama calon pengganti antarwaktu kepada pimpinan DPRD Kabupaten Jepara pada Senin (14/9). Langkah itu ditempuh dengan mendasarkan pada Pasal 25 Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penggantian Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.
Dalam surat yang dikirim KPU Kabupaten Jepara kepada DPRD Kabupaten Jepara itu, sebagai pengganti Imam Zusdi Ghozali adalah Mohammad Adib. Ini merupakan pengajuan PAW ketiga yang diproses KPU, untuk hasil pemilu 2019. Sebelumnya anggota DPRD Jepara dari Partai Golkar Dapil 4 Japar meninggal dunia digantikan Muhammad Soleh, serta Yunita Tri Harini dari Dapil 1 yang meninggal dunia dan digantikan Jumar. (kpujepara).