Berita

KPU Menguatkan Persiapan Pendidikan Pemilih untuk 2024

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sedang menyusun rencana kegiatan sosialisasi, Pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat yang akan digunakan untuk persiapan pemilu dan pemilihan serentak 2024. Rencana tersebut juga telah mempertimbangkan hasil evaluasi dari kegiatan serupa dari pemilu 2019 dan pemilihan serentak di masa pandemi pada 2020.

Hal itu menjadi salah satu poin inti rapat koordinasi tentang perencanaan dan evaluasi kegiatan sosialisasi, pendidikan pemilih, dan partisipasi masyarakat (sosdiklih dan parmas) yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Tengah secara daring, Kamis (22/4).

Acara tersebut menghadirkan narasumber anggota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dan anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti. Rakor tersebut dibuka M Taufiqurrahman yang mewakili Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat. Acara diikuti seluruh anggota KPU kabupaten/kota Divisi Sosdiklih Parmas dan serta para kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas se-Jawa Tengah. Muhammadun, anggota KPU Kabupaten Jepara dan Bagus Gedhe, kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas mengikuti rakor tersebut.

M Taufiqurrahman, anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Sumber Daya Manusia dan Litbang mengatakan Divisi Sosdiklih dan Parmas merupakan bisnis inti dari KPU. “Seluruh aktivitas yang dilakukan KPU ditunjang oleh hadirnya Sosdiklih Parmas,” kata dia. Ia berpesan agar KPU kabupaten/kota mampu menghidangkan informasi yang responsif dengan kebutuhan publik. “Kita harus berikan informasi secara komprehensif mengenai proses kepemiluan ini kepada masyarakat,” ujar Taufiq.

Ia juga menekankan agar KPU mampu menjawab tantangan di masa pandemi ini dengan menciptakan kreasi yang dapat membungkus pendidikan pemilih ini ke dalam bentuk-bentuk yang adaptatif dengan kondisi pandemi saat ini. Taufiq juga mengajak kepada KPU kabupaten/kota se-Jateng agar mampu melakukan langkah-langkah strategis untuk mempersiapkan diri hadapi pemilu dan pemilihan serentak 2024. “Tema besar berkenaan pemilu dan pemilihan serentak 2024 ini perlu kita gaungkan,” lanjut dia.

I Dewa Raka Sandi memaparkan rencana kegiatan sodiklih parmas serta evaluasi terkait partisipasi pemilih dalam pemilihan serentak di 2020. “Kita mampu menjawab kekhawatiran publik di tengah-tengah masa pandemi ini dengan tingkat patisipasi pemilihan 2020 yang mencapai 76,09 persen,” ujar Dewa. Ia juga meminta KPU kabupaten/kota se-Jateng mampu menghadirkan kreasi di tengah keterbatasan di masa pandemi ini. “Aspek waktu yang ada di luar masa tahapan ini harus kita isi dengan program-program yang mampu mendorong reformasi elektoral,” kata Dewa. “2024 menjadi yang pertama dalam sejarah kepemiluan dimana KPU menyelenggarakan tujuh jenis pemilihan di tahun yang sama,” ujar Dewa. “Kita harus menjawab kekhawatiran publik terkait kesiapan KPU menghadapi pemilu dan pemilihan serentak 2024,” jelas dia.

Diana Ariyanti berpesan agar KPU mampu menciptakan gaya kerja yang kreatif serta inovatif di masa setelah pemilu dan pemilihan. Diana menekankan agar KPU mampu membangun relasi dengan publik dengan menciptakan konten-konten yang mengangkat isu-isu menarik. “Jangan sampai masyarakat tidak tahu kerja KPU dimasa post-electoral,” ucap Diana.  KPU, lanjut dia, telah membentuk Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) yang berfungsi untuk menciptakan kolaborasi dengan lembaga lain dengan mewujudkan pendidikan pemilih yang terintegrasi dengan lembaga lain.

Dalam kesempatan itu Muhammadun diminta berbagi pengalaman mengenai program-program yang telah dijalankan KPU Kabupaten Jepara terkait dengan kegiatan pendidikan pemilihdan partisipasi masyarakat. Ia mengatakan KPU Jepara telah aktif melakukan pendidikan pemilih seperti pendidikan terhadap pemilih pemula di sekolah-sekolah. “Kami menghadirkan kegiatan pendidikan terhadap pemilih pemula untuk menjawab ekspresi luas mereka di ranah digital dengan literasi,” kata Muhammadun. Ia juga menyampaikan KPU Jepara terlibat dalam kegiatan pendidikan pemilih yang diselenggarakan instansi pemerintah maupun ormas dengan menyesuaikan kebutuhan mereka. (kpujepara.go.id)

Back to top button
Close