Berita

KPU-Polres Intensifkan Komunikasi Terkait Pemilu

20lkpu2-polres-kpuft
Lima komisioner KPU Jepara saat bersilaturahmi di Mapolres dan diterima Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman SIK MH, Kamis (20/12)

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara secara kelembagaan menjalin komunikasi dengan Polres Jepara terkait penyelenggaraan pemilu 2019. Komunikasi intensif akan terus dibangun kedua institusi untuk mensukseskan penyelengaraan seluruh tahapan pemilu 2019.

Hal itu mengemuka saat lima komisoner KPU bersilaturahmi dengan Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman SIK MH di ruang kerja kapolres, Kamis (20/12). Lima komisioner KPU yang hadir adalah Subhan Zuhri (ketua), dan empat anggota, Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nurwakhidatun, dan Muhammadun. “Komunikasi ke kami tak harus formal. Yang terpenting adalah substansi dan kami bisa cepat merespons sesuai kewenangan kami di Polres. Komunikasi ini penting karena ada banyak hal yang mesti disiapkan dan di antisipasi untuk kelancara pemilu,” kata AKBP Arif Budiman yang mulai bertugas di Jepara Oktober lalu.

Secara institusi, kata dia, Polri sudah ada Operasi Mantap Brata yang khusus pada pengamanan seluruh tahapan pemilu 2018. “Kerawanan-kerawanan keamanan seluruh tahapan pemilu di tingkat daerah menjadi fokus kami,” lanjut dia.

Dalam kesempatan itu, Arif Budiman memberi beberapa masukan untuk KPU, mendasarkan pada pengalamannya saat masih bertugas di Kabupaten Malang dan di Kabupaten Sragen. Ia mengemukakan pentingnya profesionalisme dan integritas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Kerawanan-kerawanan di TPS mesti dipetakan secara rinci agar potensi yang bisa menganggu keamanan dan ketertiban saat pemungutan suara dapat dicegah. Perlu mengelola ini dengan baik,” ujar dia.

Ia juga berpendapat pentingnya peran pihak-pihak yang bisa menjadi perekat sosial. Ia menyatakan hal itu terkait potensi munculnya informasi-informasi sumir yang bisa saja mengganggu. “Tokoh-tokoh perekat ini punya peran yang positif dalam menjaga keteduhan kondisi. Apalagi sekarang ada di era dimana informasi bisa cepat menyebar melalui media sosial dan butuh cepat untuk ditangani,” lanjutnya.

Sementara itu Subhan Zuhri mengatakan, silaturahmi dengan berbagai pihak terus dilakukan, termasuk dengan Polres sebagai pemangku kepentingan di bidang keamanan. “Tentu saja kami akan terus berkomunikasi secara intensif dengan Polres di setiap tahapan pemilu yang berkaitan dengan kewenangan Polres,” ujar Subhan. (muh/kpu)

20lkpu1-polres-kpuft

Back to top button
Close